Implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media economy mini card untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Kepanjen Malang / Zunita Inayatu Rohmah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media economy mini card untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Kepanjen Malang / Zunita Inayatu Rohmah</p>

Rohmah, Zunita Inayatu (2024) Implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media economy mini card untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Kepanjen Malang / Zunita Inayatu Rohmah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk bisa melihat adanya perubahan pada keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi di kelas X4 SMA Negeri 1 Kepanjen Malang dengan adanya Implementasi Model Pembelajaran PBL dengan berbantuan Media Pembelajaran Economy Mini Card. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara Kolaboratif antara peneliti dan guru yang dibantu teman sejawat sebagai observer pada aktivitas belajar mengajar. Pada penelitian ini subjek yang digunakan yakni siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Kepanjen Malang dengan jumlah 34. Sedangkan Objek dari adanya penelitian ini yakni Mengimplementasikan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Pembelajaran Economy Mini Card Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Ekonomi di Kelas X4 SMA Negeri 1 Kepanjen Malang. Adapun peneliti mengamati penelitian ini dengan teknik pengumpulan data berupa metode observasi metode tes dan metode dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 Siklus 4 kali Pertemuan. Pada penelitian ini Hasil Belajar siklus 1 mendapatkan rata-rata sebesar 83 23 dengan Persentase Ketuntasan 76 47% sedangkan pada Hasil Belajar siklus 2 mendapatkan rata-rata sebesar 86 76 dengan Persentase Ketuntasan 91 17% dengan perkembangan hasil belajar yang sangat baik dan memuaskan pada 2 siklus. Penelitian ini berhasil meningkatkan keaktifan siswa yakni dengan persentase keaktifan siklus 1 pertemuan 1 sebesar 62 64% dan pertemuan 2 sebesar 64 25% sedangkan siklus 2 pertemuan 1 sebesar 68 38% dan pertemuan 2 sebesar 76 17%. Selain itu terdapat Hasil Observasi Kinerja Guru yang berhasil mendapatkan perkembangan yang meningkat 100% selama 2 siklus serta kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif kondusif dan dapat menumbuhkan keaktifan terhadap siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/385082

Actions (login required)

View Item View Item