Penerapan pendekatan cooperative learning melalui teknik jigsaw dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMAN 7 Kediri / Meirena Ayu Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan cooperative learning melalui teknik jigsaw dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMAN 7 Kediri / Meirena Ayu Permatasari

Meirena Ayu Permatasari (2009) Penerapan pendekatan cooperative learning melalui teknik jigsaw dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMAN 7 Kediri / Meirena Ayu Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran dengan teknik Jigsaw merupakan salah satu penerapan pendekatan kooperatif yang kegiatan belajar mengajar dipusatkan pada kegiatan siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SMAN 7 Kediri dapat diketahui bahwa pengajaran oleh guru biasanya dilakukan dengan ceramah dan tanya jawab. Cara pengajaran ini belum memberikan hasil belajar yang memuaskan pada siswa. Oleh karena itu peneliti menerapkan pendekatan Cooperatif Learning melalui teknik Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI-IS-2 SMAN 7 Kediri. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IS-2 SMAN 7 Kediri semester ganjil 2007/2008 pada materi sub pokok bahasan APBN dan APBN. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20-21 September dan 4-5 Oktober 2007 dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan guru lembar observasi kegiatan siswa lembar penilaian motivasi belajar siswa lembar penilaian presentasi dan diskusi angket motivasi belajar siswa dan angket pendapat siswa mengenai penerapan teknik Jigsaw. Analisis hasil penelitian dideskripsikan dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketercapaian guru dalam menerapkan langkah-langkah teknik Jigsaw dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7 % sedangkan dari observasi kegiatan siswa pada siklus I ke siklus II tampak adanya peningkatan sebesar 12 5%. Motivasi belajar siswa berdasarkan lembar penilaian motivasi siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 10% sedangkan berdasarkan angket motivasi belajar siswa siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 0 12%. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dari kenaikan nilai rata-rata post test siklus I dan siklus II sebesar 7 75% dan meningkatnya aktivitas siswa dalam mempresentasikan bertanya menjawab pertanyaan dan menanggapi permasalahan. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa persentase terbesar 57 5%siswa menyatakan cukup senang atas penerapan teknik Jigsaw dalam pembelajaran ekonomi. Alasannya antara lain siswa dapat secara bebas mengungkapkan pendapatnya siswa dapat bekerja sama dengan siswa lainnya serta dapat melatih keberanian dalam berkomunikasi. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan maka dapat dikatakan bahwa penerapan pendekatan Cooperatif Learning melalui teknik Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa yaitu dalam proses belajar mengajar siswa menjadi lebih tertarik karena adanya variasi tindakan pembelajaran oleh guru sehingga siswa tidak lagi merasa jenuh dan bosan. Selain itu dalam proses pembelajaran siswa lebih berperan aktif. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan (1) Guru mata pelajaran ekonomi disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Cooperatif Learning melalui teknik Jigsaw sebagai alternatif pembelajaran untuk lebih meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa (2)Dalam pelaksanaan masing-masing fase pembelajaran hendaknya guru perlu mempertimbangkan pembagian waktu secara efektif dan efisien (3) Bagi peneliti berikutnya yang ingin meneliti hal yang sama bisa mencobakan pembelajaran Cooperatif Learning melalui teknik Jigsaw untuk materi ekonomi lainnya yang lebih melibatkan aktivitas siswa sehingga menuntut adanya kretifitas siswa yang lebih dalam dan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar (4) Bagi para guru disarankan mengikuti MGMP ( Musyawarah Guru Mata Pelajaran ) supaya mengetahui perkembangan teknik-teknik yang digunakan dalam proses pengajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38508

Actions (login required)

View Item View Item