Efektivitas flipped classroom dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi (studi pada peserta didik kelas xi IPS MA Al-Maarif Singosari) / Rizqi Maulidianto</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas flipped classroom dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi (studi pada peserta didik kelas xi IPS MA Al-Maarif Singosari) / Rizqi Maulidianto</p>

Maulidianto, Rizqi (2024) Efektivitas flipped classroom dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi (studi pada peserta didik kelas xi IPS MA Al-Maarif Singosari) / Rizqi Maulidianto</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan abad 21 mensyaratkan peserta didik memiliki keterampilan berpikir kritis dalam dunia pendidikan. Namun peserta didik di Indonesia masih kurang dalam keterampilan berpikir kritis yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat efektivitas yang dimiliki model flipped classroom dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Data penelitian dikumpulkan dengan soal pretest postest bertipe HOTS (High Order Thinking Skill) yang selanjutnya akan dilakukan uji hipotesis menggunakan uji mann whitney dan n-gain score. Hasil penelitian melaporkan terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran flipped classroom dan pembelajaran tradisional dengan taraf signifikansi 0 000 lt 0 05. Siswa pada kelas eksperimen memiliki peningkatan rata-rata senilai 37 69 lebih unggul dibandingkan kelas kontrol yang memiliki senilai 22 15. Kemudian keefektifitasan model pembelajaran flipped classroom dilaporkan cukup efektif guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik sehingga dapat dipilih sebagai alternatif guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam mata pelajaran ekonomi. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait kemampuan model pembelajaran flipped classroom secara spesifik pada indikator keterampilan berpikir kritis dengan masa perlakuan yang lebih panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Sep 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/385069

Actions (login required)

View Item View Item