Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan permintaan dan penawaran di kelas X SMAN 5 Malang / Intan Dwi Rismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan permintaan dan penawaran di kelas X SMAN 5 Malang / Intan Dwi Rismawati

Intan Dwi Rismawati (2009) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan permintaan dan penawaran di kelas X SMAN 5 Malang / Intan Dwi Rismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah adalah pendekatan pengajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah siswa tidak hanya menerima materi pelajaran di dalam kelas namun siswa juga dapat menerapkannya di dunia nyata. Siswa diharapkan dapat menggali dan menemukan sendiri dari pemecahan masalah yang diberikan guru sehingga dapat memancing proses belajar mereka. Sesuai dengan tujuannya yaitu membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir memecahkan masalah dan keterampilan intelektual maka siswa dituntut harus memiliki kemampuan berpikir kritis dan ketrampilan memecahkan masalah. Keterampilan memecahkan masalah adalah kemampuan untuk mengembangkan cara berpikir tentang masalah-masalah ekonomi secara nyata teratur dan teliti yang bertujuan untuk memperoleh kemampuan dan kecakapan berpikir untuk memecahkan suatu masalah secara rasional lugas dan tuntas. Berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisis mengkritik dan menarik kesimpulan suatu masalah yang diberikan oleh guru dalam mata pelajaran ekonomi berdasarkan pada pertimbangan-pertimbangan yang telah dilakukan oleh para siswa sendiri. Penelitian dilakukan di SMAN 5 Malang yang bertujuan mendeskripsikan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X8 pada mata pelajaran ekonomi serta untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif agar pembaca memperoleh gambaran yang jelas mengenai penerapan pembelajaran berbasis masalah mulai dari tahap awal penelitian sampai tahap pelaporannya yang disertai dengan perhitungan hasil tes keterampilan memecahkan masalah dan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa selama pembelajaran berlangsung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara observasi angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh rerata skor keterampilan memecahkan masalah siklus I kelas X8 SMAN 5 Malang 71 7 %. Sedangkan rerata skor keterampilan memecahkan masalah pada siklus II diperoleh rerata skor 88 %. Hasil data ini membuktikan bahwa keterampilan memecahkan masalah siswa kelas X8 mulai meningkat yaitu sebesar 16 3 %. Untuk data kemampuan berpikir kritis siklus I rerata skor kelas sebesar 51 9 %. Sedangkan untuk data kemampuan berpikir kritis siklus II rerata skor kelasnya sebesar 66 6 %. Hasil data ini membuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas X8 meningkat sebesar 14 7 %. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilaksanakan maka terdapat beberapa saran untuk lebih mengoptimalkan penerapan pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi yaitu guru mata pelajaran ekonomi disarankan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah hendaknya dipertimbangkan kesesuaian antara materi yang di buku dengan siswa dan kondisi lingkungan siswa serta waktu yang tersedia penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya untuk diterapkan pada kelas dan sekolah lain dengan materi berbeda guru harus selalu mengingatkan siswa untuk memperhatikan dan menanggapi kelompok yang sedang presentasi. Selain itu guru harus tegas dalam memberikan tugas pada siswa agar siswa mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38506

Actions (login required)

View Item View Item