Nuha, Rizal Hafidz Ulin (2024) Pengaruh regulasi metakognitif dan pemanfaatan media pembelajaran digital terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi di MAN Kota Batu / Rizal Hafidz Ulin Nuha</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Terlihat bahwa kualitas pembelajaran di Indonesia dan kemampuan siswa dalam penalaran tinggi berada pada kategori rendah yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa di Indonesia. Keberhasilan siswa dalam proses belajar dipengaruhi oleh faktor internal yaitu kemampuan diri sendiri dalam mengolah proses berpikirnyaPenelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan untuk memperoleh apakah ada keterpengaruhan mengenai variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MAN Kota Batu sebanyak 144 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai f hitung sebesar 17 390 3 08 (F hitung F tabel). sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Setiap variabel memberikan sumbangan yang berbeda-beda dimana variabel media pembelajaran digital memberikan sumbangan tertinggi sebesar 18 5% yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X IPS MAN Kota Batu.Regulasi Metakognitif berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar Siswa. Siswa yang memiliki metakognitif yang baik mampu mengontrol proses belajarnya sendiri. Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar Siswa. Disisi lain Penggunaan menggunakan media digital membuat hasil belajar siswa menjadi lebih baik karena mampu mengaktifkan dan meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/385059 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |