Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi melek ekonomi (economic literacy) siswa di SMA Negeri Tempeh Lumajang / Dwi Yuli Widyayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi melek ekonomi (economic literacy) siswa di SMA Negeri Tempeh Lumajang / Dwi Yuli Widyayanti

Dwi Yuli Widyayanti (2009) Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi melek ekonomi (economic literacy) siswa di SMA Negeri Tempeh Lumajang / Dwi Yuli Widyayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Melek ekonomi (economic literacy) merupakan kemampuan untuk mengerti makna dan arti tentang ilmu ekonomi yaitu tentang tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang banyak bervariasi dan berkembang dengan sumberdaya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi konsumsi dan atau distribusi yang diwujudkan dengan efisiensi dalam tindakan berkonsumsi. Melek ekonomi merupakan tolok ukur seberapa jauh seseorang menyadari tentang adanya kekuatan yang sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup masyarakat. Salah satu cara untuk dikatakan melek ekonomi adalah dengan belajar tentang ekonomi. Dalam belajar ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Diantara faktor tersebut adalah faktor eksternal belajar yaitu faktor yang mempengaruhi belajar yang berasal dari luar diri siswa. Faktor eksternal belajar ada tiga yaitu faktor keluarga faktor sekolah dan faktor masyarakat. Ketiga faktor tersebut saling berhubungan untuk menciptakan kondisi belajar yang baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh faktor keluarga terhadap melek ekonomi(economic literacy) di SMA Negeri I Tempeh (2)Untuk mendeskripsikan pengaruh faktor sekolah terhadap melek ekonomi(economic literacy) di SMA Negeri I Tempeh (3)Untuk mendeskripsikan pengaruh faktor masyarakat terhadap melek ekonomi(economic literacy) di SMA Negeri I Tempeh (4)Untuk mendeskripsikan pengaruh faktor keluarga sekolah dan masyarakat terhadap melek ekonomi(economic literacy) di SMA Negeri I Tempeh. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif ex post fakto. Pelaksanaan uji coba penelitian dilakukan pada 19 September 2007 sedangkan pelaksanaan penelitian dilakukan pada 20 November 2007. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber langsung dari subyek penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMN Negeri Tempeh Lumajang yang berjumlah 140 siswa teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sejumlah 50% dari seluruh populasi yaitu 70 siswa Kelas XII IPS-4 dan XII IPS-3. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket/kuesioner dan tes objektif pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan uji-t untuk mengetahui pengaruh variabel bebas faktor keluarga masyarakat dan sekolah (X1 X2 X3) secara parsial terhadap variabel terikat melek ekonomi (Y) dan uji-F untuk mengetahui pengaruh secara simultan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel bebas faktor keluarga masyarakat dan sekolah (X1 X2 X3) terhadap variabel terikat melek ekonomi (Y) baik secara parsial maupun secara simultan. Persamaan regresi Y 17.103 0.381 X1 0.396 X2 0.203 X3. Variabel X1 0.381 menyatakan bahwa setiap peningkatan faktor keluarga (X1) satu satuan akan meningkatkan Y (Melek Ekonomi /Economic Literacy)sebesar 17.56%. Variabel X2 0.396 menyatakan bahwa setiap peningkatan variabel faktor sekolah (X2) satu satuan akan meningkatkan Y (Melek Ekonomi/Economic Literacy)sebesar 19.64%. Variabel faktor masyarakat (X3) 0.203 menyatakan bahwa setiap peningkatan faktor masyarakat (X3) satu satuan akan meningkatkan Y (Melek Ekonomi/Economic Literacy) sebesar 6.53%. Perubahan variabel Y(Melek Ekonomi /Economic Literacy) sebesar 43.8% disebabkan oleh perubahan variabel faktor keluarga(X1) faktor sekolah(X2) dan faktor masyarakat (X3) sisanya sebesar 56.2% disebabkan oleh perubahan faktor lain yang tidak didiskripsikan dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Faktor eksternal belajar yang terdiri dari faktor keluarga sekolah dan masyarakat mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap melek ekonomi (Economic Literacy) baik secara parsial maupun secara simultan. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah lebih menggali faktor-faktor lain yang mempengaruhi melek ekonomi (Economic Literacy).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38505

Actions (login required)

View Item View Item