Penerapan pembelajaran model inovatif (innovative learning) metode talking stick untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Ika Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model inovatif (innovative learning) metode talking stick untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Ika Rahmawati

Ika Rahmawati (2009) Penerapan pembelajaran model inovatif (innovative learning) metode talking stick untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Ika Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya aktivitas belajar siswa dan kemandirian belajar siswa harus disikapi dengan serius sehingga berbagai upaya kearah perbaikan terhadap strategi metode serta teknik pembelajaran ekonomi terus dilakukan. Dengan metode pembelajaran inovatif metode talking stick diharapkan dapat meningkatkat aktivitas belajar siswa dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Inovatif (Innovatif Learning) Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Malang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dan kemandirian belajar siswa setelah menerapkan metode talking stick. Aktivitas belajar itu adalah aktivitas yang bersifat fisik/jasmani maupun mental/rohani. Aktivitas belajar dialami oleh siswa sebagai prose yaitu proses belajar sesuatu. Karena itu suatu aktivitas akan mengakibatkan adanya suatu perubahan tingkah laku pada inividu yang bersangkutan sebagai hasil dari proses belajar. Hal ini sama halnya dengan prinsip dari belajar serta pengalaman yang dimaksudkan yaitu pengalaman yang didapat oleh seorang siswa selama proses belajar. Pemikiran dasar yang melandasi konsep belajar mandiri adalah keinginan seseorang untuk belajar dalam usaha mencapai tujuan yang lebih baik. Hasil yang akan diperoleh dapat menjadi faktor pendorong atau menjadi faktor yang akan menghambat seseorang untuk belajar lagi. Pernyataan tersebut menyatakan bahwa kegiatan belajar merupakan kegiatan yang dijalankan dengan penuh tanggung jawab bila ada motivasi yang cukup untuk melakukannya. Seseorang akan merasa senang apabila setelah mengalami proses belajar mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 4 Malang yang berjumlah 46 siswa dengan pokok bahasan transaksi jual beli. Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran ekonomi terpusat pada guru dengan talking stick diharapkan menjadi proses pembelajaran terpusat pada siswa sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus setiap siklusnya dua jam pelajaran. Ternyata metode talking stick dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemandirian belajar siswa. Pasa siklus I aktivitas siswa 44.63% yang tergolonng cukup. Pada siklus II aktivitas belajar siswa menjadi 66.11% yang tergolong baik. Untuk kemandirian belajar siswa pada siklus I belajar siswa yang tergolong sangat baik dengan prosentase total 0%. Siswa yang nilai kemandiriannya tergolong baik dengan prosentase 30.42% dan siswa yang nilai kemandirian belajarnya cukup baik dengan prosentase 56.52%. Sedangkan siswa yang nilai kemandirian belajarnya tergolong kurang baik dengan prosentase 13.04% dan siswa yang kemandirian belajarnya tergolong tidak baik dengan prosentase 0%. Pada siklus II siswa yang tergolong sangat baik dengan prosentase total 8.89%. Siswa yang nilai kemandiriannya tergolong baik dengan prosentase 71.11% dan siswa yang nilai kemandirian belajarnya cukup baik dengan prosentase 20%. Sedangkan siswa yang nilai kemandiriannya tergolong kurang baik dan tidak baik dengan prosentase 0%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran inovatif metode talking stick dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38504

Actions (login required)

View Item View Item