Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan menerapkan nilai-nilai sikap berekonomi dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas X MAN Mojokerto / Rina Kusumaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan menerapkan nilai-nilai sikap berekonomi dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas X MAN Mojokerto / Rina Kusumaningsih

Rina Kusumaningsih (2008) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan menerapkan nilai-nilai sikap berekonomi dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas X MAN Mojokerto / Rina Kusumaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dimana penerapan model pembelajaran ini lebih dipusatkan pada siswa (Oriented Student). Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti bahwa metode yang diterapkan pada proses belajar mengajar kurang melibatkan siswa pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga siswa cenderung pasif yaitu hanya mendengarkan dan menulis. Oleh karena itu peneliti ingin menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan menerapkan nilai-nilai sikap berekonomi dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas X MAN Mojokerto. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan menerapkan nilai-nilai sikap berekonomi dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas X MAN Mojokerto. Subyek dan tempat penelitian ini adalah siswa kelas X-2 MAN Mojokerto pada pokok bahasan permintaan penawaran dan harga keseimbangan. Penelitian dilakukan pada bulan Nopember dan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lembar observasi aktivitas belajar siswa lembar observasi penerapan pembelajaran model Problem Based Learning catatan lapangan angket pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang dilakukan oleh guru. Keberhasilan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning mengalami peningkatan dari 80% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis aktivitas belajar dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas belajar siswa. Peningkatan ini ditunjukkan oleh ketercapaian siswa pada setiap tingkatan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar pada tingkat K menurun dari 2.3% pada siklus I menjadi 0% pada siklus II aktivitas belajar siswa pada tingkat C menurun dari 36.6% pada siklus I menjadi 23.3% pada siklus II aktivitas belajar siswa pada tingkat B meningkat dari 46.5% pada siklus I menjadi 51.7% pada siklus II aktivitas belajar siswa pada tingkat SB meningkat dari 14.6% pada siklus I menjadi 25% pada sikuls II. Berdasarkan hasil analisis angket kemampuan menerapkan nilai-nilai sikap berekonomi dalam kehidupan sehari-hari dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut terdapat pada setiap tingkat kemampuan menerapkan nilai-nilai sikap berekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Pada tingkat C mengalami penurunan dari 14% pada siklus I menjadi 0% pada siklus II pada tingkat T mengalami peningkatan dari 76.7% pada siklus I menjadi 79% pada siklus II pada tingkat ST mengalami peningkatan dari 9.3% pada siklus I menjadi 21% pada sikuls II. Model pembelajaran Problem Based Learning memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan model pembelajaran ini adalah (1) membuat siswa lebih aktif (2) dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari serta menerapkan nilai-nilai sikap berekonomi (3) menimbulkan ide-ide baru (4) dapat meningkatkan keakraban dan kerjasama. Sedangkan kekurangan pada model pembelajaran ini adalah (1) model pembelajaran Problem Based Learning biasa dilakukan secara berkelompok membuat siswa yang malas semakin malas (2) siswa merasa guru tidak pernah menjelaskan karena model pembelajaran ini menuntut siswa yang lebih aktif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) Guru mata pelajaran ekonomi dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan menerapkan nilai-nilai sikap berekonomi dalam kehidupan sehari-hari siswa (2) pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning hendaknya dibuat lebih variatif lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38503

Actions (login required)

View Item View Item