Efektivitas penerapan metode latihan terpusat dan latihan tersebar pada mata pelajaran ekonomi (studi eksperimen kelas X di SMA Negeri 9 Malang) / Dewi Nining Ari W. - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan metode latihan terpusat dan latihan tersebar pada mata pelajaran ekonomi (studi eksperimen kelas X di SMA Negeri 9 Malang) / Dewi Nining Ari W.

Dewi Nining Ari W. (2009) Efektivitas penerapan metode latihan terpusat dan latihan tersebar pada mata pelajaran ekonomi (studi eksperimen kelas X di SMA Negeri 9 Malang) / Dewi Nining Ari W. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemilihan pendekatan dan metode pembelajaran yang tepat merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan kualitas proses pembelajaran. Selama ini proses pembelajaran kita masih menganut model konvensional (metode terpusat) yaitu proses pembelajaran yang terpusat pada guru sehingga motivasi belajar daya pikir dan daya tarik siswa kurang dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas. Sedangkan metode Latihan Tersebar adalah jenis latihan yang diberikan guru secara bertahap dan disertai waktu istirahat yang sangat sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Latihan Terpusat (2)Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Latihan Tersebar (3)Untuk mengetahui keefektifan penerapan metode Latihan Terpusat dan Latihan Tersebar pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Malang mulai tanggal 30 Oktober sampai dengan 13 November 2007. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2007/2008 dengan jumlah 208 siswayang terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel yang ditetapkan terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas X.4 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X.2 sebagai kelas eksperimen. Kelompok Eksperimen adalah kelompok yang diajar dengan metode Latihan Tersebar sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang diajar dengan metode Latihan Terpusat (konvensional). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaaan hasil belajar yang signifikan dari penerapan Metode Latihan Terpusat dan Latihan Tersebar pada mata pelajaran ekonomi Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan varian data gain skor yang signifikan antara metode latihan terpusat dan metode latihan tersebar terbukti dari hasil analisis uji t-independent sampel yang menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 2 275 dengan Signifikasi 0 027 0 05. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari metode Latihan Terpusat dan Latihan Tersebar pada mata pelajaran ekonomi kemudian disarankan bagi guru dalam mengajar hendaknya menerapkan Metode Latihan Tersebar sebagai salah satu alternatif pembelajaran di dalam kelas dan bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian ini lebih lanjut agar dapat menggunakan populasi dan sampel yang luas serta dengan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38500

Actions (login required)

View Item View Item