Zulfiana, Binti (2017) Kerjasama sekolah dan Cisco System dalam meningkatakan mutu pembelajaran teknik komputer jaringan (studi kasus di Program Keahlian teknik Komputer jaringan SMK Telkom Malang) / Binti Zulfiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zulfiana Binti. 2017. Kerjasama Sekolah dan Cisco System dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan (Studi Kasus di Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK Telkom Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Teguh Triwiyanto M. Pd (II) Dr. R. Bambang Sumarsono M.Pd. Kata Kunci kerjasama sekolah mutu pembelajaran Era globalisasi menuntut Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas agar individu mampu memenangkan persaingan yang ketat baik dalam tataran persaingan lokal maupun internasional. Modal dasar dalam menghasilkan SDM yang berkualitas adalah proses pendidikan yang bermutu. Peningkatan pendidikan yang bermutu tidak bisa hanya dilakukan oleh satu pihak saja yaitu lembaga pendidikan akan tetapi perlu adanya kerjasama antara sekolah dan berbagai pihak di masyarakat. Kerjasama dengan masyarakat tidak hanya dalam bantuan berupa uang atau barang saja akan tetapi juga dalam bentuk lain diantaranya pemikiran dan tenaga. Salah satu kelompok masyarakat adalah perusahaan. Peneliti melakukan penelitian di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Telkom Malang karena sekolah tersebut menjalin kerjasama dengan perusahaan terkemuka di dunia yaitu Cisco System. Perusahaan tersebut memberikan andil dalam proses pembelajaran berupa kurikulum online alat belajar virtual dukungan intruksional pelatihan guru dan kesempatan pengembangan professional bagi instruktur guna meningkatkan mutu pembelajaran Teknologi Komputer Jaringan (TKJ) di SMK Telkom Malang. Fokus penelitian yaitu pengelolaan kerjasama SMK Telkom Malang dengan Cisco System indikator peningkatan mutu pembelajaran TKJ dan faktor pendukung dan penghambat. Fokus rinci penelitian terdiri dari (1) perencanaan kerjasama sekolah dengan Cisco System dalam meningkatkan mutu pembelajaran TKJ di SMK Telkom Malang (2) pelaksanaan kerjasama sekolah dengan Cisco System dalam meningkatkan mutu pembelajaran TKJ di SMK Telkom Malang (3) Evaluasi kerjasama sekolah dengan Cisco System dalam meningkatkan mutu pembelajaran TKJ di SMK Telkom Malang (4) indikator peningkatan mutu pembelajaran TKJ hasil kerjasama dengan Cisco System (5) faktor pendukung dan penghambat kerjasama sekolah dengan Cisco System dalam meningkatkan mutu pembelajaran TKJ di SMK Telkom Malang. Hasil penemuan penelitian ini meliputi (1) perencanaan kerjasama SMK Telkom Malang dengan Cisco System terdiri dari menentukan tujuan mengumpulkan informasi (informasi mengenai Cisco Networking Academy Program (CNAP) persyaratan kerjasama dan biaya yang diperlukan) menyusun rencana dan menetapkan perencanaan (2) pelaksanaan kerjasama SMK Telkom Malang dengan Cisco System terdiri dari memenuhi persyaratan menjadi Cisco Academy dan setelah disetujui membuka kelas untuk menerapkan CNAP (3) evaluasi kerjasama SMK Telkom Malang dengan Cisco System terdiri dari evaluasi pembelajaran evaluasi penerapan CNAP evaluasi SDM serta evaluasi sarana dan prasarana (4) indikator peningkatan mutu pembelajaran TKJ terdiri dari prestasi peserta didik dan kesiapan peserta didik dalam menghadapi dunia kerja (5) Faktor pendukung kerjasama SMK Telkom Malang dengan Cisco System kesiapan sekolah dalam bentuk dana maupun sarana dan prasarana kesiapan guru yang ditunjuk mengikuti pelatihan sebagai calon instruktur instruktor mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar atau memperdalam ilmunya peserta didik telah terbiasa mengikuti pembelajaran dengan materi Bahasa Inggris serta adanya persetujuan kerjasama dari pihak Cisco System. Selanjutnya faktor penghambat kerjasama SMK Telkom Malang dengan Cisco System diantaranya terkadang koneksi internet buruk. Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan bagi (1) Bagi Kepala SMK Telkom Malang hendaknya mengatasi faktor penghambat kerjasama sekolah dengan Cisco System agar pembelajaran Cisco Academy berjalan lancar. (2) Bagi Netacad Sucess Lead Neatacad Instructur dan Netacad Contact SMK Telkom Malang hendaknya berperan sesuai fungsinya masing-masing. (3) Bagi peserta didik Cisco Academy hendaknya memanfaatkan sertifikat Cisco untuk bersaing di dunia kerja. (4) Bagi dosen dan Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya menjadikan kerjasama dalam bentuk kurikulum antara perusahaan dan sekolah sebagai salah satu materi dalam mata kuliah Manajemen Hubungan Masyarakat. (5) Bagi peneliti lain hendaknya meneliti terkait hal belum berhasil diungkap terkait pengaruh Cisco Academy di SMK Telkom untuk meningkatkan penerimaan peserta didik di dunia kerja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3850 |
Actions (login required)
View Item |