Pengaruh pendidikan kecakapan hidup (life skill education) terhadap perencanaan pilihan karier pasca sekolah siswa kelas XII SMK negeri 2 Blitar tahun ajaran 2006/2007 / Muftikhatul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan kecakapan hidup (life skill education) terhadap perencanaan pilihan karier pasca sekolah siswa kelas XII SMK negeri 2 Blitar tahun ajaran 2006/2007 / Muftikhatul Hasanah

Muftikhatul Hasanah (2009) Pengaruh pendidikan kecakapan hidup (life skill education) terhadap perencanaan pilihan karier pasca sekolah siswa kelas XII SMK negeri 2 Blitar tahun ajaran 2006/2007 / Muftikhatul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) semakin hari semakin pesat. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat mengakibatkan inovasi pengetahuan begitu melimpah. Berbagai inovasi program pendidikan telah dilakukan diantaranya melalui penerapan pendidikan kecakapan hidup yang berusaha meniadakan kesenjangan antara pembelajaran di kelas dan kehidupan nyata. Sementara itu pendidikan di sekolah turut menentukan kehidupan karier siswa nantinya. Demikian pula yang terjadi pada lulusan SMK yang memiliki kecenderungan untuk bekerja. Melihat dari beragamnya lapangan kerja di masyarakat diperlukan kemampuan daya saing dari setiap siswa SMK yang tidak terbatas hanya pada kecakapan vokasional saja sehingga membatasi pilihan karier mereka untuk bekerja dengan hanya mengandalkan ketrampilan tangan. Melalui pendidikan kecakapan hidup siswa dapat merencanakan pilihan karier yang tepat dengan mempertimbangkan faktor kebutuhan kesiapan motivasi individual serta pengalaman akademik dan vokasional yang diperolehnya di bangku sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh kecakapan personal terhadap perencanaan pilihan karier pasca sekolah siswa kelas XII SMKN 2 Blitar (2) Pengaruh kecakapan sosial terhadap perencanaan pilihan karier pasca sekolah siswa kelas XII SMKN 2 Blitar (3) Pengaruh kecakapan akademik terhadap perencanaan pilihan karier pasca sekolah siswa kelas XII SMKN 2 Blitar (4) Pengaruh kecakapan vokasional terhadap perencanaan pilihan karier pasca sekolah siswa kelas XII SMKN 2 Blitar (5) Pengaruh pendidikan kecakapan hidup (life skill education) terhadap perencanaan pilihan karier pasca sekolah siswa kelas XII SMKN 2 Blitar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasinya 356 siswa kelas XII SMKN 2 Blitar yang diambil secara acak menggunakan teknik proportional random sampling sampai akhinya terpilih 53 siswa sebagai Likert 5 opsi jawaban mulai dari sangat setuju setuju ragu-ragu tidak setuju dan sangat tidak setuju. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 14.00 for Windows. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagaiberikut. (1)Nilai signifikan t untuk X1 adalah sebesar 0 001 X2 adalah sebesar 0 037 X3 adalah sebesar 0 038 dan X4 adalah sebesar 0 031. Berdasarkan taraf signifikan 0 05 maka dapat dilihat bahwa ke empat variabel tersebut 0 05. Maka variabel bebas X1 X2 X3 dan X4 secara individu/parsial berpengaruh terhadap variabel terikat Y. (2)Nilai Fhitung sebesar 11 598 dengan signifikan Fhitung 0 000 hal ini menunjukkan bahwa Fhitung 0 05 sehingga variabel bebas X1 X2 X3 dan X4 secara bersama-sama/simultan mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat Y. Dengan nilai koefisien determinasi yang disesuaikan (Adjusted R2) sebesar 0 449. Hal ini berarti bahwa variasi dari nilai variabel Y dapat dijelaskan oleh variabel bebas X1 X2 X3 dan X4. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan (1) Penerapan pendidikan kecakapan hidup di SMKN 2 Blitar perlu dikembangkan dengan mengintegrasikan semua mata pelajaran dengan kehidupan nyata meskipun berupa praktik kecil di dalam kelas (2) Penerapan pendidikan kecakapan hidup di SMKN 2 Blitar hendaknya diarahkan pada pengembangan vokasional tanpa mengabaikan kecakapan akademik sehingga dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya mahir dalam praktik kerja tetapi juga didukung oleh kemampuan verbal yang dapat meningkatkan kualitas SDMnya (3) Fokus penentuan pilihan karier pasca sekolah hendaknya diperluas bukan hanya untuk bekerja tetapi tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Tugas sekolah adalah berusaha menyeimbangkan kebutuhan tersebut dengan mengembangkan kecakapan hidup dan memperhatikan keterkaitannya dengan perencanaan pilihan karier pasca sekolah siswa. Misalnya dengan diadakan les tambahan untuk mata pelajaran yang akan diujikan pada UAN (Ujian Akhir Nasional).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38494

Actions (login required)

View Item View Item