Perbedaan sikap dan prestasi belajar pada pelajaran ekonomi siswa yang berasal dari SMP dan siswa yang berasal dari MTs (pada siswa kelas X di SMA Darul 'Ulum 2 unggulan Badan Pengelolaan dan Pengembangan Teknologi (BPPT) rintisan sekolah bertaraf interna - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan sikap dan prestasi belajar pada pelajaran ekonomi siswa yang berasal dari SMP dan siswa yang berasal dari MTs (pada siswa kelas X di SMA Darul 'Ulum 2 unggulan Badan Pengelolaan dan Pengembangan Teknologi (BPPT) rintisan sekolah bertaraf interna

Anis Chairun Nisaa' (2009) Perbedaan sikap dan prestasi belajar pada pelajaran ekonomi siswa yang berasal dari SMP dan siswa yang berasal dari MTs (pada siswa kelas X di SMA Darul 'Ulum 2 unggulan Badan Pengelolaan dan Pengembangan Teknologi (BPPT) rintisan sekolah bertaraf interna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol angka huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh siswa dalam periode tertentu. Prestasi belajar akan optimal apabila guru memahami sikap siswa pada pelajaran yang sedang diajarkan sebab setiap siswa memiliki latar belakang yang berbeda termasuk perbedaan asal sekolah siswa ada siswa yang berasal dari SMP dan ada siswa yang berasal dari MTs. Sikap siswa pada mata pelajaran ekonomi merupakan bagian dari faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi yang akan diteliti dalam penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah perbedaan sikap siswa pada pelajaran ekonomi antara siswa yang berasal dari SMP dan siswa yang berasal dari MTs pada kelas 1 di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT RSBI Jombang (2) Adakah perbedaan prestasi belajar ekonomi antara siswa yang berasal dari SMP dengan siswa yang berasal dari MTs pada kelas 1 di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT RSBI Jombang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan sikap dan prestasi belajar pada pelajaran ekonomi antara siswa yang berasal dari SMP dengan siswa yang berasal dari MTs pada kelas 1 di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT RSBI Jombang berdasarkan tujuan tersebut maka metode yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Darul Ulum 2 Unggulan BPPT RSBI Jombang semester satu tahun pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 133 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang tidak menggunakan sample. Jenis rancangan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah rancangan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal Maret sampai dengan Juli 2007. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (1) terdapat perbedaan sikap siswa pada pelajaran ekonomi antara siswa yang berasal dari SMP dan siswa yang berasal dari MTs pada kelas 1 di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT RSBI Jombang (2) terdapat perbedaan prestasi belajar ekonomi antara siswa yang berasal dari SMP dengan siswa yang berasal dari MTs pada kelas X di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT RSBI Jombang. Dari deskriptif data diperoleh bahwa skor sikap siswa pada mata pelajaran ekonomi tergolong tinggi skor diatas rata-rata harapan yaitu dengan memperoleh klasifikasi Tinggi dengan jumlah 85 18 % dari keseluruhan jumlah siswa yang ditunjuk sebagai sampel. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA DU 2 Unggulan BPPT RSBI Jombang memiliki sikap pada pelajaran ekonomi yang tergolong baik dan tingkat prestasi belajar ekonomi siswa yang tergolong baik. Secara deskriptif terdapat perbedaan sikap dan prestasi belajar pada pelajaran ekonomi siswa yang berasala dari SMP dan siswa yang berasal dari MTs siswa kelas X di SMA DU 2 Unggulan BPPT RSBI Jombang. Oleh karena itu peneliti sarankan kepada kalangan pendidik agar dapat mampu mengemas proses belajar mengajar menjadi menyenangkan dengan menggunakan metode atau pendekatan mengajar yang relevan sehingga siswa tertarik dan menjadi antusias mengikuti pelajaran ekonomi dan mampu memperoleh prestasi belajar ekonomi yang baik dengan perolehan nilai yang merata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38492

Actions (login required)

View Item View Item