Hubungan efektivitas pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Tulungagung 02 / Charirotul Chusna - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan efektivitas pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Tulungagung 02 / Charirotul Chusna

Charirotul Chusna (2009) Hubungan efektivitas pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Tulungagung 02 / Charirotul Chusna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengelolaan Kelas merupakan seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar-mengajar. Untuk mencapai hal diatas guru harus dapat mengenal masalah-masalah yang ada di kelas dan upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam pencegahan dan penanggulangan masalah. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektivitas pengelolaan kelas yang diterapkan guru di MAN Tulungagung 02 ditinjau dari (a) Pengelolaan kelas pendekatan pengubahan tingkah laku (b) Pengelolaan kelas pendekatan penciptaan sosio emosioal (c) Pengelolaan kelas pendekatan proses kelompok (2) Apakah ada hubungan antara efektivitas pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN Tulungagung 02. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan efektivitas pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa di MAN Tulungagung 02 kelas XI dimana sudah terbagi menjadi 3 (tiga) jurusan yaitu kelas XI IPS XI IPA dan XI Bahasa. Sesuai dengan jurusan peneliti kelas yang diambil adalah kelas XI IPS yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 180 siswa. Sedangkan sampel yang diambil 14% dari populasi yaitu berjumlah 25 siswa yang ditetapkan dengan teknik Purposive Sample pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan data yang terkumpul di dalam uji coba validitas untuk mengetahui gugur tidaknya butir angket dengan menggunakan teknik analisis data SPSS For Windows 11.5 dan uji coba reliabilitas dengan menggunakan teknik Product Moment dari Pearson. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik persentase untuk dianalisis deskriptif dan teknik korelasi Product moment dengan menggunakan SPSS For Windows 11.5 untuk mengetahui hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh (1) Kemampuan guru mengelola kelas dengan menggunakan ketiga pendekatan yang diterapkan di dalam proses belajar mengajar di MAN Tulungagung 02 termasuk dalam kategori baik (2) Ada hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa di MAN Tulungagung 02. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rxy hitung lebih besar dari pada rxy tabel yaitu rxy hitung 0 948 rxy tabel 0 396. Berarti hipotesis (Hi) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38488

Actions (login required)

View Item View Item