Prospek pemasaran wingko pada perusahaan wingko Bintang Jaya di Dusun Sawo Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan / Indra Ulung Mahendra - Repositori Universitas Negeri Malang

Prospek pemasaran wingko pada perusahaan wingko Bintang Jaya di Dusun Sawo Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan / Indra Ulung Mahendra

Indra Ulung Mahendra (2009) Prospek pemasaran wingko pada perusahaan wingko Bintang Jaya di Dusun Sawo Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan / Indra Ulung Mahendra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peranan usaha kecil di Indonesia berkaitan dengan eksistensi ekonomi nasional karena usaha kecil dan menengah merupakan sendi penting dalam kehidupan dunia usaha di Indonesia. Apabila eksistensi perusahaan kecil dan menengah cukup potensial dan penuh harapan maka ada baiknya kita mengkaji secara jelas berbagai macam aktivitas usahanya serta bagaimana prospek yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pemasaran wingko. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai prospek pemasaran wingko Bintang Jaya di dusun Sawo kecamatan Babat kabupaten Lamongan yang meliputi latar belakang pemilihan usaha hambatan yang dihadapi menyangkut pemasaran wingko kebijakan dalam hal pemasaran dan prospek pemasaran wingko Bintang Jaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan/observasi partisipatif wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah pemilik perusahaan wingko Bintang Jaya karyawan dan keluarga dari pemilik perusahaan konsumen serta instansi yang terkait dalam hal ini adalah Deperindag kabupaten Lamongan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha wingko Bintang Jaya ini ada sejak tahun 1970. Latar belakang pendirian ini karena untuk menciptakan usaha yang bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga serta untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Dengan tenaga kerja sebanyak 18 orang sampai saat ini usaha wingko yang dikelola oleh bapak Bambang menghasilkan 8.000-30.000 biji atau 400-1.500 kantong (800 -3.000 kilogram perhari) Untuk proses produksi dapat dilakukan melalui beberapa tahapan yang pertama proses pengupasan kelapa selanjutnya proses penggilingan kelapa kemudian proses pengadukan gilingan kelapa dengan tepung ketan dan gula dan kemudian memasuki proses pengovenan dan terakhir proses pengemasan. Biasanya setelah wingko dikemas ada agen-agen wingko yang datang untuk memesan wingko selain itu usaha wingko Bintang Jaya juga melayani pesanan wingko melalui kiriman paket. Untuk daerah pemasarannya meliputi Lamongan Tuban Semarang Rembang Bojonegoro Jombang Madiun Nganjuk Surabaya Jakarta dan Bali. Mekanisme pemasarannya melalui agen kemudian diberikan pada penegecer untuk dijual ke konsumen. Hambatan yang dihadapi biasanya terkait dengan modal usaha dan selera konsumen. Untuk kebijakan promosi bapak Bambang membuat iklan yang disiarkan radio Mahkota FM selain itu usaha ini pernah tercatat di rekor MURI sebagai perusahaan yang pernah membuat wingko terbesar se Indonesia. Prospek yang dimiliki oleh perusahaan ini sangat bagus sekali karena wingko Bintang Jaya dikenal dengan wingko yang bermutu tinggi karena terbuat dari bahan baku yang berkualitas. Konsumen wingko juga lebih menyukai mengkonsumsi wingko Bintang Jaya daripada wingko lain karena harganya yang relatif lebih murah. Selain itu kondisi perusahaan juga semakin berkembang hal ini dapat dilihat dari daerah pemasaran yang semakin meluas jumlah tenaga kerja yang mengalami peningkatan alat-alat produksi yang semakin bertambah serta adanya dukungan dari pemerintah setempat untuk mengembangkan sektor-sektor usaha kecil dan menengah apalagi wingko dikenal sebagai makanan khas dari Babat (kabupaten Lamongan). Sehingga pemerintah kabupaten Lamongan sangat mendukung sekali adanya usaha wingko Bintang Jaya agar agar tetap eksis mempertahankan usaha wingko ini. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah bagi pengusaha hendaknya lebih meningkatkan penawaran promosi agar produk wingko yang dihasilkan lebih dikenal oleh masyarakat luas sehingga pemasarannya diharapkan lebih luas lagi serta usaha untuk meningkatkan kualitas rasa dan mutu produk yang dihasilkan sehingga akan lebih disukai oleh konsumen. Bagi instansi terkait agar mengintensifkan pembinaan terhadap perusahaan wingko baik itu pembinaan dan pelatihan peningkatan mutu untuk menghasilkan produk yang berkualitas sesuai dengan selera konsumen pengadaan bantuan modal usaha atau peralatan untuk pengadaan bahan baku dan mesin dalam rangka peningkatan volume produksi melakukan pendataan yang jelas mengenai jumlah unit usaha yang bergerak dibidang produksi wingko di kabupaten Lamongan agar lebih mudah dalam melakukan pembinaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38486

Actions (login required)

View Item View Item