Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 10 Malang pada mata pelajaran ekonomi / Yohani Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 10 Malang pada mata pelajaran ekonomi / Yohani Saputri

Yohani Saputri (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 10 Malang pada mata pelajaran ekonomi / Yohani Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan di SMP Negeri 10 Malang diketahui bahwa metode pengajaran yang masih umum digunakan oleh guru ekonomi di SMP Negeri 10 Malang adalah metode ceramah diskusi kelompok kecil dan tanya jawab. Cara pengajaran ini ternyata masih belum memberikan hasil yang maksimal sehingga siswa cenderung pasif dan bosan dalam belajar yang dampaknya prestasi belajar siswa menjadi rendah. Dengan demikian untuk dapat lebih mengaktifkan dan meningkatkan prestasi belajar perlu dilakukan variasi dalam proses belajar mengajar. Khususnya variasi dalam metode pembelajarannya misalnya dengan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif memiliki beberapa model salah satunya adalah model Jigsaw. Melalui pembelajaran kooperatif model Jigsaw siswa dilatih untuk bekerjasama mendengarkan dan menghargai pendapat teman berinteraksi dan berkomunikasi antar siswa serta bertanggung jawab dalam penguasaan materi yang sudah menjadi tugasnya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pembelajaran kooperatif model Jigsaw ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan prestasi belajar siswa serta bagaimana persepsi siswa mengenai penerapan pembelajaran Ekonomi dengan materi pokok Pajak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari 2x pertemuan yang terdiri dari 2 x 45 menit. Siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 12 dan 19 Mei 2007 sedangkan siklus II dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2007 dan 2 Juni 2007. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 10 Malang semester genap tahun ajaran 2006/2007. jumlah siswa sebanyak 40 siswa 25 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data penelitian berupa peningkatan aktifitas dan prestasi belajar serta persepsi siswa. Aktifitas belajar siswa diamati berdasarkan lima unsur dasar pembelajaran kooperatif yaitu (1) saling ketergantungan positif (2) tanggung jawab perseorangan (3) interaksi tatap muka (4) komunikasi antar anggota dan (5) evaluasi proses kelompok yang dikumpulkan dari hasil observasi melalui lembar observasi. Prestasi belajar siswa didasarkan pada nilai tes prestasi belajar siswa yang dilakukan setiap akhir siklus. Sedangkan persepsi siswa diperoleh melalui pengisian angket siswa yang dilakukan setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan data aktifitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu rata-rata aktifitas belajar siswa pada siklus I adalah 12.5% (tingkat kurang) 43% (tingkat cukup) dan 38.5% (tingkat baik). Perolehan skor rata-rata prestasi belajar siswa sebelum diajar menggunakan pembelajaran kooperatif model Jigsaw adalah 57% dengan ketuntasan belajar klasikal 37.5%. setelah diajar setelah diajar menggunakan pembelajaran kooperatif model Jigsaw perolehan skor rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 65.24% dengan ketuntasan belajar klasikal 75% sedangkan pada siklus II perolehan skor rata-rata adalah74.5% dengan ketuntasan belajar klasikal 87.5%. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis angket pada siklus II dapat diketahui bahwa 57.5% siswa merasa senang dengan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dibandingkan metode ceramah karena dapat mempermudah siswa untuk memahami materi dan konsep pelajaran Ekonomi. Maka disarankan para guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif dengan model-model pembelajaran lain yang lebih bervariasi mengingat pembelajaran kooperatif model Jigsaw ini dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38484

Actions (login required)

View Item View Item