Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang / Jumain - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang / Jumain

Jumain (2010) Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang / Jumain. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam mencapai keberhasilan proses pembelajaran yaitu peningkatan prestasi belajar siswa memang dipengaruhi oleh banyak faktor. Dalam meningkatkan hasil belajar yang optimal maka perlu diperhatikan faktor atau kondisi yang dapat mempengaruhi proses kegiatan belajar. Faktor tersebut ada kalanya dari luar individu atau bahkan dari dalam individu siswa. Adanya dugaan bahwa ada pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa maka muncul ide yang mendorong diadakannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) Bagaimana kondisi sosial ekonomi orang tua intensitas bimbingan belajar dan prestasi belajar siswa. (2) Mengetahui Pengaruh secara parsial dan simultan antara kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas X SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Dengan menggunakan tenik pengambilan sampel yaitu proporsional random sampling (kelompok sampel) teknik pengambilan sampel yang representative dengan mengambil subyek dari setiap wilayah ditentukan sebanding dengan banyaknya subyek dalam masing-masing wilayah. Data diperoleh dari 75 sampel yang diambil dari siswa kelas X SMA Negeri I Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier ganda (Multiple Linier Regression). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Prestasi belajar siswa termasuk kategori sangat tinggi yaitu rata-rata 82 58. kondisi sosial ekonomi orang tua termasuk kategori cukup tinggi yaitu rata-rata 39 30 dari skor terendah 0 dan skor tertinggi 75. Intensitas bimbingan belajar termasuk kategori tinggi yaitu rata-rata 35 00 dari skor terendah 10 dan skor tertinggi 50. Dari hasil analisis pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) secara parsial ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap Prestasi belajar siswa dengan korelasi r sebesar 0 608. (2) secara parsial ada pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitas bimbingan belajar terhadap Prestasi belajar siswa dengan korelasi r sebesar 0 701. (3) Secara simultan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan korelasi dengan korelasi r sebesar 0 736. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling mempengaruhi prestasi belajar adalah intensitas bimbingan belajar karena memberikan kontribusi yang paling banyak (70 1%) daripada Kondisi sosial ekonomi orang tua. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan diatas maka disarankan pada pihak sekolah Dan orang tua. Pihak sekolah dapat lebih meningkatkan bimbingan belajar terhadap siswanya unutuk para orang tua agar meningkatkan intensitas belajar siswa dengan memperhatikan kegiatan belajar dirumah bagi yangkondisi soial ekonominya tinggi juga dapat memberikan mereka bimbingan privat atau kursus di lembaga bimbingan belajar sehingga waktu belajar siswa lebih banyak hal ini akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Bagi siswa yang keadaan ekonomi orang tuanya rendah harus tetap semangat untuk meraih prestasi yang lebih baik dengan meningkatkan aktivitas belajar dan giat dalam mengerjakan kewajiban sekolahnya. Sehingga dapat meraih prestasi yang membanggakan dan berguna bagi orang tua nusa dan bangsa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38483

Actions (login required)

View Item View Item