Pengaruh kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi di MAN 3 Kota Malang / Yuliana R.A. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi di MAN 3 Kota Malang / Yuliana R.A.

Yuliana R.A. (2009) Pengaruh kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi di MAN 3 Kota Malang / Yuliana R.A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kompetensi guru merupakan kemampuan kecakapan atau ketrampilan untuk menstransfer pengetahuan dan mendidik serta membimbing siswa dalam proses belajar mengajar. Kompetensi guru merupakan faktor ekstrinsik yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Faktor ekstrinsik adalah faktor pendorong dari luar untuk membangkitkan semangat belajar siswa. Untuk itu penelitian ini mencoba mengungkapkan pengaruh kompetensi guru Ekonomi terhadap prestasi belajar siswa. Kompetensi guru diklasifikasikan menjadi sepuluh kompetensi yaitu kompetensi menguasai bahan mengelola program belajar mengajar mengelola interaksi belajar mengajar mengelola kelas menggunakan media/sumber menguasai landasan pendidikan menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran mengenal fungsi layanan bimbingan dan penyuluhan menyelenggarakan administrasi sekolah dan mengenal prinsip-prinsip dan hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran. Agar penelitian ini lebih terarah pada proses kegiatan belajar mengajar maka peneliti hanya mengambil enam kompetensi yaitu kompetensi menguasai bahan mengelola program belajar mengajar mengelola interaksi belajar mengajar mengelola kelas menggunakan media/sumber dan menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel bebas (X) kompetensi guru dan variabel terikat (Y) prestasi belajar siswa. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini terdiri atas menguasai bahan (X1) mengelola kelas (X2) mengelola media atau sumber (X3) mengelola interaksi belajar mengajar (X4) dan penilaian prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran (X5) Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI MAN 3 Kota Malang semester genap 2005/2006. Populasi siswa sebanyak 380 orang sehingga jumlah sampel sebanyak 120 siswa. Sedangkan jumlah guru Ekonomi MAN 3 adalah 6 orang. Untuk memperoleh data tentang kompetensi guru digunakan teknik angket dan diukur menggunakan skala Likert. Sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari dokumen sekolah yang berupa rata-rata kelas nilai tes formatif. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) besarnya sumbangan kompetensi menguasai bahan terhadap prestasi belajar adalah sebesar 8 58 % (2) besarnya sumbangan kompetensi mengelola kelas terhadap prestasi belajar adalah sebesar 11 49 % (3) besarnya sumbangan kompetensi mengelola media atau sumber terhadap prestasi belajar adalah 29 59 % (4) besarnya sumbangan kompetensi mengelola interaksi belajar mengajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 79 39 % (5) besarnya sumbangan kompetensi menilai prestasi belajar siswa terhadap prestasi belajar adalah sebesar 9 00 % (6) dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 63 3 % antara kompetensi guru (kompetensi menguasai bahan mengelola kelas mengelola media/sumber mengelola interaksi belajar mengajar dan menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran) terhadap prestasi belajar siswa dan sisanya sebesar 36 7 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38477

Actions (login required)

View Item View Item