Efektivitas penerapan pembelajaran berbasis masalah dan teknik peta konsep dalam meningkatkan proses dan hasil belajar dengan mengambil sampel kasus pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X6 SMA Negeri 2 Malang semester genap tahun ajaran 2006-2007 / Nur - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan pembelajaran berbasis masalah dan teknik peta konsep dalam meningkatkan proses dan hasil belajar dengan mengambil sampel kasus pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X6 SMA Negeri 2 Malang semester genap tahun ajaran 2006-2007 / Nur

Nur Fatimah Sari (2009) Efektivitas penerapan pembelajaran berbasis masalah dan teknik peta konsep dalam meningkatkan proses dan hasil belajar dengan mengambil sampel kasus pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X6 SMA Negeri 2 Malang semester genap tahun ajaran 2006-2007 / Nur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selama ini proses pembelajaran masih menganggap bahwa pengetahuan siswa diperoleh dari menghafal teori dan guru sebagai sumber utama belajar sedangkan siswa hanya bertindak pasif untuk menerima apa yang diberikan oleh guru. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMAN 2 Malang pembelajaran kelompok oleh guru masih jarang dilakukan padahal kurikulum acuannya adalah KBK 2004. Walaupun pernah melakukan pembelajaran kelompok namun guru kurang membimbing siswa untuk membentuk kelompok secara heterogen sehingga pembagian kelompok kurang merata dan masih ada beberapa siswa yang kurang merespon sehingga pembelajaran menjadi kurang maksimal. Untuk itu perlu diterapkan strategi pembelajaran yang menjadikan siswa menjadi lebih bermakna. Strategi yang dapat diterapkan adalah pembelajaran berbasis masalah dan teknik peta konsep. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan pembelajaran berbasis masalah dan teknik peta konsep efektif terhadap proses belajar ekonomi siswa kelas X6 SMAN 2 Malang semester genap tahun ajaran 2006-2007 (2) Apakah penerapan pembelajaran berbasis masalah dan teknik peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X6 SMAN 2 Malang semester genap tahun ajaran 2006-2007 (3) Bagaimanakah respon siswa kelas X6 SMA Negeri 2 Malang semester genap tahun ajaran 2006-2007 pada mata pelajaran ekonomi setelah diterapkan strategi pembelajaran berbasis masalah dan teknik peta konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) efektivitas penerapan pembelajaran berbasis masalah dan teknik peta konsep terhadap proses belajar ekonomi siswa kelas X6 SMA Negeri 2 Malang semester genap tahun ajaran 2006-2007 (2) efektivitas penerapan pembelajaran berbasis masalah dan teknik peta konsep terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X6 SMA Negeri 2 Malang semester genap tahun ajaran 2006-2007 (3) respon siswa kelas X6 SMA Negeri 2 Malang semester genap tahun ajaran 2006-2007 setelah diterapkan strategi pembelajaran berbasis masalah dan teknik peta konsep pada mata pelajaran ekonomi. Jenis Penelitian ini adalah quasi experimental (semu eksperimen) dengan rancang inovasi bertahap (staged innovation design) yang dimodifikasi oleh Wagner. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Malang dengan sampel penelitiannya adalah kelas X6 yang berjumlah 31 siswa karena 7 siswa pada staged II ada yang tidak mengikuti proses pembelajaran sehingga hasil belajarnya tidak bisa dibandingkan untuk staged I dan II. Instrumen yang digunakan adalah (1) lembar observasi kegiatan siswa (3) lembar observasi kegiatan guru (4) tes tulis berbentuk uraian (5) angket respon siswa. Analisis data untuk kegiatan guru dan siswa menggunakan analisis prosentase sedangkan analisis hasil belajar kognitif menggunakan uji t (t-test) penilaian afektif dengan analisis prosentase sedangkan penilaian psikomotorik dengan skala interval. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penerapan pembelajaran berbasis masalah dan teknik peta konsep efektif terhadap proses belajar ekonomi siswa kelas X6 SMAN 2 Malang ditinjau dari kegiatan guru prosentase pada staged I sebesar 79.17% meningkat 85.83% pada staged II sedangkan ditinjau dari kegiatan siswa prosentase pada staged I sebesar 69.87% meningkat 79.2% pada staged II (2) hasil belajar ekonomi siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran berbasis masalah dan teknik peta konsep. Nilai kognitif dari analisis uji t komparasi 1 (nilai pre tes dan post tes staged I) komparasi 2 (nilai post tes staged I dan pre tes staged II) dan komparasi 3 (nilai pre tes staged I dan pre tes staged II) disimpulkan bahwa nilai Sig 0.000 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Sedangkan analisis uji t untuk gain skor pre tes dan post tes staged I adalah berbeda secara signifikan karena thitung 19.333 ttabel 1.70 gain skor post tes staged I dan pre tes staged II adalah berbeda secara signifikan karena thitung 14.444 ttabel 1.70 dan gain skor pre tes staged I dan pre tes staged II adalah berbeda secara signifikan karena thitung 3.747 ttabel 1.70. Nilai rata-rata afektif staged I sebesar 79.42 % mengalami peningkatan 3.12% pada staged II menjadi 82.54%. Sedangkan nilai rata-rata psikomotorik pada staged I adalah 82 mengalami peningkatan pada staged II menjadi 85 (3) prosentase respon siswa sebesar 93.54% yang berarti sebagian besar siswa setuju dengan pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan bagi (1) guru mata pelajaran ekonomi pembelajaran berbasis masalah dan teknik peta konsep dapat dijadikan sebagai alternatif atau pilihan dalam praktik pembelajaran di kelas lain sehingga materi pelajaran dapat tersampaikan kepada siswa sepenuhnya (2) peneliti lainnya dapat melakukan penelitian tentang pembelajaran berbasis masalah dan teknik peta konsep pada mata pelajaran lainnya yang sesuai di tempat yang berbeda dan dapat mengembangkan lebih lanjut penerapan rancang inovasi bertahap yang dimodifikasi oleh Wagner.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38468

Actions (login required)

View Item View Item