Pengembangan e-modul interaktif materi koperasi pada mata pelajaran ekonomi di SMA / Rizkita Kuscahyani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul interaktif materi koperasi pada mata pelajaran ekonomi di SMA / Rizkita Kuscahyani</p>

Kuscahyani, Rizkita (2024) Pengembangan e-modul interaktif materi koperasi pada mata pelajaran ekonomi di SMA / Rizkita Kuscahyani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran e-modul yang interaktif agar membantu anak-anak kelas XI-10 SMAN 8 Malang untuk lebih memahami materi koperasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R amp D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah yang terdiri dari analysis (analisis) design (desain) development (pengembangan) implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 8 Malang dengan siswa kelas XI-10 sebanyak 30 siswa . Berdasarkan hasil validasi materi oleh validator ahli materi menunjukkan hasil 88 72% dengan kategori sangat layak hasil validasi media oleh validator ahli media menunjukkan hasil 83 33% dengan kategori sangat layak serta hasil respon peserta didik menunjukkan hasil rata-rata 88 46% dengan kategori sangat layak. Perolehan rata-rata nilai pre test sebesar 41 sedangkan perolehan rata-rata nilai post test sebesar 88 17. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar materi koperasi sebelum dan sesudah menggunakan e-modul interaktif materi koperasi. Jadi dapat dikatakan bahwa pemanfaatan e-modul interaktif sangat layak diterapkan dalam pembelajaran materi koperasi pada mata pelajaran ekonomi di SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Dec 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/384666

Actions (login required)

View Item View Item