Riza Yonisa Kurniawan (2009) Penerapan metode pembelajaran ekonomi dengan pendekatan problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang / Riza Yonisa Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan ilmu dan teknologi yang begitu pesat menuntut sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan zaman sekarang. Kualitas pendidikan tidak terlepas dari peran guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik. untuk mewujudkan suatu pendidikan yang berkualitas maka perlu diperhatikan metode dalam mengajar dan strategi pengajaran yang akan diterapkan oleh guru kepada siswa. Salah satu metode yang digunakan yaitu problem solving dimana metode ini diharapkan mampu melatih siswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah yang diberikan.Kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas X.6 SMA Negeri 5 Malang masih rendah siswa masih terlihat kesulitan untuk mengaitkan materi yang diperoleh di sekolah dengan masalah yang ada di sekitar mereka. Dalam hal keantusiasan belajar siswa masih menunggu guru datang ke kelas daripada berinisiatif untuk belajar sendiri selama guru belum hadir jarang siswa yang berdiskusi dengan teman tentang materi yang akan diajarkan atau materi yang telah lalu kebanyakan dari mereka ramai dan hanya bercanda. Adapun sumber belajar yang dimiliki siswa hanya terbatas pada buku paket yang ada di perpustakaan dan LKS. Hal ini mengakibatkan kurangnya prestasi yang didapat oleh siswa kelas X.6 SMA Negeri 5 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan model pembelajaran problem solving pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang mengetahui model pembelajaran problem solving dapat meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X.6 SMA Negeri 5 Malang dan mengetahui model pembelajaran problem solving dapat meningkatan prestasi belajar siswa kelas X.6 SMA Negeri 5 Malang.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.6 SMA Negeri 5 Malang dengan jumalah siswa sebanyak 39 siswa diantaranya 13 siswa lakik-laki dan 26 siswa perempuan Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Malang dengan alamat jalan Tanimbar no 24 Malang pada tanggal 2 Maret-9 April 2007. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan sistem observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa selama pemberian tindakan. pada silus I rata-rata kemampuan berpikir kristis siswa adalah diantaranya untuk aspek merumuskan masalah rata-rata skor kelompok untuk aspek ini meningkat 34.62%. Aspek yang kedua yaitu memberikan argumen dengan rata-rata skor kelompok meningkat sebesar 21.15%. Aspek yang ketiga adalah melakukan deduksi dengan rata-rata skor kelompok meningkat sebesar 26.28. Aspek yang keempat adalah melakukan induksi dengan rata-rata skoor kelompok meningakat sebesar 29.49%. Aspek yang kelima adalah melakukan evaluasi dengan skor kelompok meningkat sebesar 19.23%. Dan aspek yang terakhir adalah memutuskan dan melaksanakan dengan perolehan skor rata-rata kelompok mengalami peningkatan sebesar 32.69%. Sedangkan untuk peningkatan prestasi belajar yang mencapai skor 75 atau lebih sebanyak 35 siswa dari 39 siswa. Hal ini berarti ketuntasan belajarnya tercapai yaitu sebesar 89.74% dan hasil ini mengalami kenaikan dibandingkan pada siklus I sebesar 10.33%. Pada siklus II ini ditemukan bahwa kelompok 1 memperoleh skor rata-rata tertinggi bila dibandingkan dengan kelompok lainnya yaitu sebesar 90.8%. Sedangkan kelompok lain berturut-turut adalah kelompok 7 sebesar 89.4% kelompok 4 sebesar 89.25% kelompok 3 sebesar 88% kelompok 2 sebesar 86% kelompok 6 dan 8 besarnya sama yaitu 83.2% dan yang terakhir adalah kelompok 5 yaitu sebesar 82.6%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut tentang penelitian tindakan kelas dengan metode problem solving bagi guru yang berminat mererapkan pembelajaran dengan metode ini harap memperhatikan pengelolaan kelas dan bagi peneliti selanjutnya sebaiknya mencari subyek penelitian/sekolah yang belum pernah dilakukan penelitian tindakan kelas juga bagi peneliti selanjutnya diharapkan lebih banyak menggunakan waktu yang tersedia dan tidak hanya terpaku pada dua siklus
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38463 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |