Perbedaan tingkat penyerapan materi pelajaran ekonomi bagi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran dan yang diajar secara konvensional / Puspita Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan tingkat penyerapan materi pelajaran ekonomi bagi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran dan yang diajar secara konvensional / Puspita Maharani

Puspita Maharani (2010) Perbedaan tingkat penyerapan materi pelajaran ekonomi bagi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran dan yang diajar secara konvensional / Puspita Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspita Maharani 2007. Perbedaan Tingkat Penyerapan Materi Pelajaran Ekonomi Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Malang yang Diajar dengan Menggunakan Media Pembelajaran dan yang Diajar Secara Konvensional. Skripsi. Universitas Negeri Malang Fakultas Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi. Kata-kata kunci pembelajaran media pembelajaran konvensional hasil belajar bidang studi Ekonomi Agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan baik maka guru perlu menggunakan media pembelajaran secara terstruktur. Dimana dengan menggunakan media pembelajaran guru memulai membuka pelajaran dengan menyampaikan kata kunci tujuan yang ingin dicapai baru memaparkan isi dan diakhiri dengan memberikan soal kepada siswa sebagai pemberian balikan baik dikerjakan dirumah maupun di sekolah dan pekerjaan soal-soal oleh siswa dikoreksi guru dan dikembalikan lagi kepada siswa dengan catatan-catatan konstruktif. Dengan demikian maka tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbedaan tingkat penyerapan materi pelajaran ekonomi bagi siswa kelas vii smp negeri 9 malang yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran dan yang diajar secara konvensional Penelitian ini mengambil populasi siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 9 Malang. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan memberikan tes mata pelajaran Ekonomi yang dibuat dan dikembangkan oleh peneliti sendiri. Pengujian validitas dilakukan dengan metode Frisbie dan Koreksi Biseral titik sedangkan pengujian releabilitas dilakukan dengan Hoyts. Teknik analisis yang dipergunakan adalah statistik deskriptif dan analisis statistik yang menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam bidang studi Ekonomi. Hasil penelitian ini mendukung teoretik dari hasil-hasil temuan para ahli menunjukkan bahwa interaksi dalam bentuk tanya jawab (sebagai salah satu bentuk pemberian balikan) dilakukan dikarenakan asumsi guru bahwa kemungkinan besar sebagian anak didik belum mengerti dan belum menguasai bahan pelajaran yang baru saja disampaikan. Dengan demikian apabila pembelajaran dengan menggunakan media diterapkan kepada semua siswa dalam pelajaran Ekonomi maka akan dapat meningkatkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa khususnya dalam bidang studi Ekonomi. Dari hasil penelitian tersebut saran yang diajukan adalah hendaknya guru tetap menggunakan media pembelajaran secara kreatif dengan kadar CBSA yang tinggi. Guru juga perlu menggunakan alat bantu pengajaran yang cocok untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38462

Actions (login required)

View Item View Item