Pengaruh penerapan pembelajaran model siklus belajar berbasis konstruktivistik terhadap prestasi belajar ekonomi siswa di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Moh. Babaruddin Rifai - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan pembelajaran model siklus belajar berbasis konstruktivistik terhadap prestasi belajar ekonomi siswa di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Moh. Babaruddin Rifai

Moh. Babaruddin Rifai (2009) Pengaruh penerapan pembelajaran model siklus belajar berbasis konstruktivistik terhadap prestasi belajar ekonomi siswa di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Moh. Babaruddin Rifai. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan kualitas manusia seutuhnya adalah misi pendidikan yang menjadi tanggung jawab profesional guru. Pendidikan yang ada selama ini menghadapi berbagai tantangan yang tidak bisa ditanggulangi dengan paradigma lama. Proses pembelajaran harus berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa berupa bekerja dan mengalami bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Siswa harus aktif dalam proses pembela-jaran untuk mencari dan menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilan baru dan guru hanya sebagai fasilitator motivator pengarah dan pembimbing dalam proses pembelajaran. Selama ini pendekatan pembelajaran ekonomi yang diterapkan oleh guru masih sederhana dan menggunakan pendekatan konvensional guru lebih banyak ceramah dan siswa mendengarkan guru memberi dan siswa menerima. Model pembelajaran yang selama ini diterapkan cenderung kaku kurang menarik dan kurang efektif. Siswa menjadi cenderung pasif dalam menerima transfer ilmu pengetahuan. Pendekatan konstruktivisme memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dan guru menjadi lebih kreatif. Salah satu model pembelajaran yang menerapkan teori konstruktivis adalah model siklus belajar. Siklus belajar merupakan suatu model pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai konsep yang telah dimiliki siswa sebagai bekal awal kognitifnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model siklus belajar berbasis konstruk-tivistik pada pelajaran ekonomi (2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran yang didominasi oleh metode ceramah pada pelajaran ekonomi dan (3) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan model siklus belajar berbasis konstruktivistik dengan siswa yang diajar menggunakan model pembela-jaran yang didominasi oleh metode ceramah. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test design. Sampel diambil sebanyak 2 kelas dari kelas X dengan teknik purposive sampling. Pada tahap selanjutnya kedua kelas tersebut ditentukan mana yang menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dilakukan melalui undian dengan teknik melempar uang logam dengan nominal Rp 100 dimana salah satu sisi yang bergambar burung garuda menunjukkan kelompok kontrol dan sisi lain yang bergambar burung kakak tua sebagai kelompok eksperimen. Dari hasil pelem-paran uang logam terpilih kelas X.3 sebagai kelompok kontrol dan kelas X.6 sebagai kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Laboratorium UM dengan jumlah 277 siswa serta sampel yang diambil sebanyak 88 siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Laboratorium UM mulai tanggal 6 Maret sampai dengan 5 April 2007. Setelah semua data terkumpul dilakukan analisis data dengan uji t (t-test). Sebelum data dianalisis diadakan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Uji t digunakan untuk menguji beda dua rata-rata kemampuan awal (pre-test) dan beda dua rata-rata kemampuan akhir (post-test) siswa serta hipotesis penelitian dari gain value. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata kemampuan awal yang diperoleh siswa dari hasil pre-test adalah 38 86 untuk kelompok eksperimen (kelas yang diajar dengan menggunakan model siklus belajar berbasis konstruktivistik) dan nilai rata-rata 36 18 untuk kelompok kontrol (kelas yang diajar dengan didominasi oleh metode ceramah) dari nilai ideal tertinggi sebesar 100. Berdasarkan uji Mann Whitney Test diperoleh nilai probabilitas (Asymp. Sig.) 0 121 0 05 sehingga nilai rata-rata kemampuan awal siswa antara kedua kelompok adalah sama secara signifikan (2) nilai rata-rata kemampuan akhir yang diperoleh dari hasil post-test adalah 88 45 untuk kelompok eksperimen dan 79 25 untuk kelompok kontrol dari nilai ideal tertinggi sebesar 100. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa nilai thitung 4 615 ttabel 1 67 dan nilai probabilitas (Sig.) 0 000 0 05 sehingga nilai rata-rata kemampuan akhir siswa kedua kelompok berbeda secara signifikan. Nilai rata-rata kemampuan akhir siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol dan (3) nilai rata-rata gain value kelompok eksperimen 49 82 lebih tinggi daripada kelompok kontrol 43 20. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa nilai thitung 2 412 ttabel 1 67 dan nilai probabilitas (Sig.) 0 018 0 05 sehingga terdapat perbedaan prestasi belajar antara kedua kelompok secara signifikan. Dengan demikian ada pengaruh positif yang signifikan dari penerapan pembelajaran model siklus belajar berbasis konstruktivistik terhadap prestasi belajar ekonomi siswa di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti memberikan saran antara lain (1) bagi guru mata pelajaran ekonomi disarankan untuk menerapkan pembelajaran model siklus belajar berbasis konstruktivistik sebagai salah satu alternatif pembelajaran di dalam kelas (2) bagi lembaga pendidikan dan institusi yang terkait untuk dapat membantu mensosialisasikan pembelajaran model siklus belajar berbasis konstruktivistik dalam pelatihan dan penataran pendidikan dan (3) bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian ini untuk dapat menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas serta dengan materi yang berbeda agar mendapatkan data yang lebih baik serta untuk mengetahui apakah terdapat hasil yang sama jika dalam proses belajar mengajar menerapkan pembelajaran model siklus belajar berbasis konstruktivistik. Disamping itu kepada peneliti selanjutnya agar ranah yang diukur dalam menentukan prestasi belajar tidak hanya mengukur ranah kognitif saja melainkan ranah afektif dan psikomotorik juga ikut diperhitungkan. Kemudian respon siswa dalam menang-gapi proses pembelajaran juga ikut diamati dan dimasukkan dalam unit analisis data dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38461

Actions (login required)

View Item View Item