Pemetaan motivasi belajar dalam hubungan dengan minat melanjutkan studi siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama se Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung / Arda Rian Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan motivasi belajar dalam hubungan dengan minat melanjutkan studi siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama se Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung / Arda Rian Pradana

Pradana, Arda Rian (2017) Pemetaan motivasi belajar dalam hubungan dengan minat melanjutkan studi siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama se Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung / Arda Rian Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pradana Arda Rian. 2017. Pemetaan Motivasi Belajar dalam Hubungan dengan Minat Melanjutkan Studi Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) se-Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd (II) Dr. Asep Sunandar S.Pd. M.AP. Kata Kunci motivasi belajar minat melanjutkan studi. Jenjang pendidikan Sekolah menengah pertama sederajat tidak bisa lepas dari pembicaraan masalah remaja. Sebab mereka merupakan kelompok remaja yang sedang mengalami berbagai gejolak dan perubahan baik fisik maupun psikisnya dalam proses pembentukan menuju kedewasaan. Dalam proses belajar motivasi sangat diperlukan karena seseorang yang tidak memiliki motivasi dalam belajar tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar dengan sungguh-sungguh karena motivasi adalah daya penggerak dari dalam dan di dalam subjek untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi mencapai suatu tujuan. Adanya motivasi menjadikan siswa semakin berminat untuk melanjutkan studi. Secara sederhana minat berarti kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan gambaran tingkat minat melanjutkan studi (2) Menjelaskan perbedaan minat melanjutkan studi di SLTP Negeri dan Swasta (3) Mendeskripsikan gambaran tingkat motivasi belajar (4) Menjelaskan perbedaan motivasi belajar di SLTP negeri dan Swasta dan (5) Menemukan hubungan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan analisis deskriptif-korelasional yang dilaksanakan di SLTP se-Kecamatan Kedunwgaru Kabupaten Tulungagung subjek penelitian yaitu seluruh siswa. Penarikan jumlah sampel menggunakan proportional random sampling sehingga diketahui dalam penelitian ini ada 297 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari dua variabel. Setiap variabel dilakukan analisis deskriptif. Selanjutnya variabel motivasi belajar (X) dikorelasikan dengan variabel terikat minat melanjutkan studi (Y). Penelitian ini juga menggunakan rancangan deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya perbedaan motivasi belajar dan minat melanjutkan studi di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Negeri dan Swasta. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket/kuesioner tertutup bentuk checklist. Sebelum instrumen digunakan untuk penelitian terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Apabila angket/kuesioner sudah valid dan reliabel maka dapat dilakukan penelitian. Setelah data dari angket/kuesioner terkumpul kemudian dilakukan pengolahan data dan dianalisis menggunakan metode korelasi sederhana Product Moment Pearson. Berdasarkan analisis data diketahui variabel motivasi belajar berada dalam kategori sedang dengan persentase 62 28% dan variabel minat melanjutkan studi pada kategori sedang dengan persentase 49 50%. Hasil uji hipotesis diketahui ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan minat melanjutkan studi di SLTP se-Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan adanya motivasi belajar yang baik maka akan lebih meningkatkan minat siswa untuk melanjutkan studi. Saran yang diberikan yaitu (1) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung sebaiknya lebih memperhatikan di setiap daerah dalam upaya meingkatkan kualitas pendidikan. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan animo peserta didik dalam melanjutkan sekolah (2) Kepala SLTP se-Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung disarankan lebih meningkatkan sosialisasi terkait bagaimana mengelola manajemen kesiswaan yang baik terhadap SLTP se-Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung guna peningkatan minat siswa untuk melanjutkan jenjang yang lebih tinggi (3) Bagi Guru di SLTP se-Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung disarankan dapat meningkatkan minat siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi dengan cara meningkatkan motivasi belajar siswa (4) Bagi Orang Tua/Wali Siswa SLTP hendaknya dapat mengarahkan putra-putrinya untuk lebih aktif belajar memotivasi putra-putrinya agar mempunyai semangat dalam belajar serta memberikan pengawasan bagi mereka untuk selalu disiplin dalam belajar (5) Bagi peneliti lain hendaknya dapat melakukan kajian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam melanjutkan jenjang pendidikannya. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa tinggi minat peserta didik melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3846

Actions (login required)

View Item View Item