Pengaruh sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar, dan tingkat pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung / Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar, dan tingkat pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung / Novitasari

Novitasari (2009) Pengaruh sosial ekonomi orang tua, motivasi belajar, dan tingkat pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung / Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor diantaranya sosial ekonomi orang tua motivasi belajar dan tingkat pemanfaatan fasilitas belajar. Orang tua memegang peran sangat penting terhadap proses belajar siswa orang tua berkewajiban memenuhi kebutuhan anak untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Motivasi yang dapat menentukan hasil belajar dapat berupa motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa baik motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Tingkat pemanfaatan faslitas belajar juga berperan penting terhadap proses dan kelangsungan hasil belajar siswa di sekolah. Kondisi sosial ekonomi orang tua motivasi belajar dan tingkat pemanfaatan fasilitas belajar secara bersama juga dapat mendukung tercapainya prestasi belajar siswa secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran sosial ekonomi orang tua motivasi belajar tingkat pemanfaatan fasilitas belajar dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri I Kauman Tulungagung. (2) Mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara sosial ekonomi orang tua motivasi belajar tingkat pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri I Kauman Tulungagung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis regresi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data diperoleh dari 60 sampel yang diambil dari siswa kelas XI jurusan ekonomi SMA Negeri I Kauman Tulungagung. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa termasuk kategori sangat baik (55%) kondisi sosial ekonomi orang tua tergolong sedang (43 33%) motivasi belajar tergolong sedang (56 67) dan tingkat pemanfaatan fasilitas belajar tergolong sedang (56 67%). Dari hasil analisis pengujian hipotesis menujukkan bahwa secara parsial (1) ada pengaruh yang signifikan antara sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa dengan korelasi sebesar 0 575 (2).ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan korelasi sebesar 0 541 (3) ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan korelasi sebesar 0 501 (4). Secara simultan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara sosial ekonomi orang tua motivasi belajar tingkat pemanfaatan fasilitas belaja terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri I Kauman Tulungagung dengan koefisien sebesar 0 535. Sehubungan dengan kesimpulan diatas maka disarankan kepada pihak yang tekait yakni orang tua siswa diharapkan meningkatkan pendapatan dan membatasi kepemilikan anak karena dengan memiliki sedikit anak kemampuan membiayai studi anak lebih baik daripada keluarga yang memiliki banyak anak dan berpendapatan rendah. Orang tua diharapkan memenuhi kebutuhan material dan spiritual dengan mengontrol perkembangan anak memberikan perhatian serta bantuan pada waktu mengalami kesulitan belajar. Orang tua diharuskan lebih mengutamakan penyediaan fasilitas belajar anak dengan cara menabung. Bagi siswa hendaknya siswa harus memiliki motivasi belajar yang stabil bahkan meningkat agar dapat mencapai prestasi yang maksimal. Bagi pihak sekolah hendaknya memberikan fasilitas sekolah yang menunjang proses belajar mengajar seperti kaeadaan ruang kelas taman sekolah ruang perpustakaan ruang laboratorium fasilitas olah raga semua sarana dan prasarana sekolah. Fasilitas belajar di Sekolah yang lengkap siswa dapat selalu memanfaatkan fasilitas yang ada sehingga siswa dapat mencapai prestasi belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38458

Actions (login required)

View Item View Item