Perbedaan kebiasaan belajar dan prestasi akademik antara mahasiswa jalur PMDK dan mahasiswa jalur SPMB Program Studi Pendidikan Ekonomi EKP FE UM angkatan 2005 / Erika Diyan Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kebiasaan belajar dan prestasi akademik antara mahasiswa jalur PMDK dan mahasiswa jalur SPMB Program Studi Pendidikan Ekonomi EKP FE UM angkatan 2005 / Erika Diyan Purnamasari

Erika Diyan Purnamasari (2009) Perbedaan kebiasaan belajar dan prestasi akademik antara mahasiswa jalur PMDK dan mahasiswa jalur SPMB Program Studi Pendidikan Ekonomi EKP FE UM angkatan 2005 / Erika Diyan Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebiasaan belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang untuk mendapatkan pengetahuan ketrampilan maupun sikap dan nilai yang positif. Prestasi akademik adalah taraf penguasaan atau kemampuan mahasiswa sebagaimana yang diterapkan bagi matakuliah yang bersangkutan seperti yang telah ditetapkan dalam tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini untuk membedakan antara mahasiswa jalur PMDK dan mahasiswa jalur SPMB dilihat dari kebiasaan belajar dan prestasi akademiknya. Karena kebiasaan belajar masing-masing mahasiswa berbeda maka akan menghasilkan prestasi akademik yang berbeda pula. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui kebiasaan belajar mahasiswa jalur PMDK Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi EKP FE UM angkatan 2005. (2) Mengetahui kebiasaan belajar mahasiswa jalur SPMB Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi EKP FE UM angkatan 2005. (3) Mengetahui tingkat prestasi akademik mahasiswa jalur PMDK Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi EKP FE UM angkatan 2005. (4) Mengetahui tingkat prestasi akademik mahasiswa jalur SPMB Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi EKP FE UM angkatan 2005. (5) Mengetahui perbedaan kebiasaan belajar antara mahasiswa jalur PMDK dan mahasiswa jalur SPMB Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi EKP FE UM angkatan 2005. (6) Mengetahui perbedaan tingkat prestasi akademik antara mahasiswa jalur PMDK dan mahasiswa jalur SPMB Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi EKP FE UM angkatan 2005. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kelas EKP Reguler Prodi S1. Pendidikan Ekonomi FE UM Angkatan 2005 yang berjumlah 98 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan sampel populasi yang menghasilkan 98 responden. Teknik pengambilan data menggunakan angket untuk data kebiasaan belajar dan dokumentasi untuk data prestasi akademik. Teknik analisis data yaitu deskriptif dan menggunakan uji-t dengan menggunakan bantuan SPSS 13 for windows. Hasil analisis menunjukkan (1) Kebiasaan belajar mahasiswa jalur PMDK Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi EKP FE UM angkatan 2005 rata-rata memiliki kategori kebiasaan belajar sedang (59 09%). Walaupun rata-rata memiliki kategori kebiasaan belajar sedang bukan kategori kebiasaan belajar baik namun tidak ada sama sekali mahasiswa yang memiliki kategori kebiasaan kurang baik. (2) Kebiasaan belajar mahasiswa jalur SPMB Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi EKP FE UM angkatan 2005 rata-rata memiliki kategori kebiasaan belajar sedang (61 84%) namun masih ada mahasiswa yang memiliki kebiasaan belajar kurang baik. (3) Tingkat prestasi akademik mahasiswa jalur PMDK Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi EKP FE UM angkatan 2005 dilihat dari IPK rata-rata sebesar 3 41 termasuk dalam taraf penguasaan/kemampuan 84-90% dengan nilai huruf A- yang jika diklasifikasikan dengan nilai angka antara 3 31-3 70. (4) Tingkat prestasi akademik mahasiswa jalur SPMB Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi EKP FE UM angkatan 2005 dilihat dari IPK rata-rata sebesar 3 30 maka termasuk dalam taraf penguasaan/kemampuan 77-83% dengan nilai huruf B yang jika diklasifikasikan dengan nilai angka antara 3 01-3 30. (5) Ada perbedaan kebiasaan belajar yang signifikan antara mahasiswa jalur PMDK dan mahasiswa jalur SPMB Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi EKP FE UM angkatan 2005 karena berdasarkan hasil uji-t diketahui bahwa nilai t-hitung (2 456) t-tabel(1 985) dan nilai signfikansi (0 016)t-tabel(1 985) dan nilai signfikansi (0 019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38457

Actions (login required)

View Item View Item