Upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang melalui penerapan penerapan pembelajaran kooperatif model TGT / Dian Arwulaning Puput - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang melalui penerapan penerapan pembelajaran kooperatif model TGT / Dian Arwulaning Puput

Dian Arwulaning Puput (2009) Upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 7 Malang melalui penerapan penerapan pembelajaran kooperatif model TGT / Dian Arwulaning Puput. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas pembelajaran yang direncanakan oleh guru merupakan komponen utama yang sangat mempengaruhi keberhasilan sekolah sebagai lembaga pendidikan. Salah satu indikator yang menunjukkan keberhasilan sekolah adalah hasil belajar siswa. Oleh karena itu guru sebagai pengelola kelas dituntut lebih kreatif dalam menciptakan suasana kondusif dalam belajar. Pemilihan pendekatan pembelajaran yang tepat merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pembelajaran karena ketepatan tersebut dapat menunjang keberhasilan kegiatan pembelajaran sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa . Selama ini pembelajaran ekonomi yang digunakan di SMA Negeri 7 Malang adalah pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dengan metode cermah ini siswa kurang mampu meningkatkan hasil belajar ekonomi. Salah satu pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif adalah pembelajaran kooperatif. Metode pembelajaran kooperatif adalah metode pembelajaran dengan menggunakan kelompok kecil yang heterogen sehingga siswa dapat saling bekerja sama untuk menyelesaikan tugas belajar. Salah satu dari metode pembelajaran kooperatif adalah metode TGT ( Teams-Games Tournament). Dalam metode TGT ini setelah peserta didik belajar kelompok selanjutnya masing-masing anggota kelompok menagadakan turnamen dengan anggota kelompok lainnya sesuai dengan tingkat kemampuannya. Dengan metode ini menjadikan siswa lebih bersemangat mengikuti pelajaran ekonomi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan dirancang dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Malang semester genap tahun ajaran 2006/2007. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan proses dan hasil belajar. Hasil belajar siswa meningkat dari siklus 1ke siklus 2. Hasil belajar yang dimaksud adalah hasil belajar aspek kognitif. Hasil belajar kognitif siswa meningkat dari siklus 1ke siklus 2 pada siklus 1 diperoleh nilai sebesar 38 46% sedangkan pada siklus 2 diperoleh nilai sebesar 92 68%. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar kognitif siswa meningkat sebesar 54 22%. Proses pembelajaran TGT diukur dari elemen yang ada dalam pembelajaran kooperatif yaitu saling ketergantungan positif akuntabilitas individu interaksi tatap muka dan saling ketergantungan antar pribadi. Berdasarkan hasil observasi saat proses pembelajaran TGT pada siklus 1 dan siklus 2 siswa sudah mengalami kemajuan terutama dalam diskusi kelompok yaitu dalam hal menyampaikan ide atau gagasan menghargai pendapat teman dan siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran. Dari hasil angket respon siswa didapat data bahwa siswa sangat senang mempelajari ekonomi dengan menggunakan metode TGT karena dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) siswa lebih bersemangat dan aktif lagi dalam mengikuti pelajaran ekonomi selanjutnya baik dengan menggunakan metode kooperatif model TGT maupun dengan menggunakan metode kooperatif yang lainnya (2) Guru bidang studi ekonomi hendaknya menerapkan pembelajaran model TGT untuk materi-materi selanjutnya karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (3) bagi peneliti berikutnya yang ingin meneliti hal yang sama bisa mencobakan pembelajaran kooperatif model TGT untuk materi ekonomi lainnya yang lebih melibatkan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38456

Actions (login required)

View Item View Item