Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang / Wahyu Dwi Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang / Wahyu Dwi Astutik

Wahyu Dwi Astutik (2009) Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang / Wahyu Dwi Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faktor-faktor yang memperngaruhi prestasi belajar siswa ada 2 diantaranya adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor-faktor yang berasal dari dalam diri siswa. Faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar ekonomi siswa disamping faktor internal adalah faktor eksternal yang merupakan faktor faktor yang berasal dari luar diri siswa. Dilihat dari pengamatan sementara faktor internal siswa pada saat kegiatan proses belajar berlangsung kurangnya kesiapan yang matang kurangnya motivasi belajar dari dalam diri siswa. Sedangkan faktor eksternal yang ada di SMA Negeri 9 Malang meliputi metode mengajar media pembelajaran yang kurang lengkap teman bergaul yang kurang baik. Dengan demikian diharapkan faktor internal dan eksternal harus saling mendukung serta dapat meningkatkan faktor internal dan eksternal siswa demi tercapainya prestasi belajar ekonomi yang maksimal. Penelitian bertujuan (1) untuk memberikan gambaran mengenai kondisi faktor internal eksternal prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang (2) untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA negeri 9 Malang. Variabel bebas penelitian ini terdiri dari faktor internal (X1) dan eksternal (X2). Sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar ekonomi (Y). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan kondisi faktor internal (X1) kondisi faktor eksternal (X2) dan prestasi belajar ekonomi siswa (Y) dalam bentuk perhitungan persentase. Metode regresi linier berganda digunakan untuk menentukan besarnya pengaruh faktor internal (X1) dan faktor eksternal (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) di SMA Negeri 9 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang yang berjumlah 104 siswa dan sampelnya berjumlah 42 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan menggunakan instrumen kuesioner skala yang digunakan skala Likert dengan 5 alternatif jawaban. Uji kualitas data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Jenis data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner sedangkan data sekunder berupa nilai rapor siswa kelas XI IPS semester ganjil tahun ajaran 2006/2007. Hasil penelitian di SMA Negeri 9 Malang menunjukkan bahwa analisis pengaruh faktor internal terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh nilai t hitung 3 945 dan t tabel 1 685. Nilai t hitung (3 945) t tabel (1 685) dengan sig 0 000 0 05 maka faktor internal berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Nilai t hitung 4 037 dan t tabel 1 685. Nilai t hitung (4 037) t tabel (1 685) dengan sig 0 000 0 05 maka faktor eksternal berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Analisis pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar ekonomi diperoleh nilai Fhitung 23 380 dan Ftabel 3 238. Nilai Fhitung (23 380) Ftabel (3 238) dengan sig 0 000 0 05 maka faktor internal dan faktor eksternal secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Besar R Square adalah 0 545. Hal ini berarti prestasi belajar ekonomi (Y) dapat dipengaruhi oleh faktor internal (X1) dan Eksternal (X2) sebesar 54 5% sedangkan sisanya 45 5% disebabkan oleh faktor lain. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor internal siswa dan faktor eksternal siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Malang. Saran penelitian yang selanjutnya diharapkan meneliti faktor lain seperti intelegensi kurikulum dan lain lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38453

Actions (login required)

View Item View Item