Pengaruh iklim sekolah terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Malang / Eli Kusuma Jayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh iklim sekolah terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Malang / Eli Kusuma Jayanti

Eli Kusuma Jayanti (2009) Pengaruh iklim sekolah terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Malang / Eli Kusuma Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iklim sekolah adalah suatu keadaan yang dapat diamati dan diinterpretasikan oleh siswa yang meliputi kondisi sekolah yang diciptakan dari perpaduan antara norma kebiasaan dan interaksi antar berbagai faktor (pribadi sosial dan budaya) yang mempengaruhi sikap civitas sekolah yang mengarah pada prestasi siswa yang tinggi. Sehingga perlu adanya persepsi yang baik tentang pencitraan siswa terhadap image sekolah. Selain itu adanya hubungan yang baik antar civitas sekolah dan pelaksanaan tata tertib sekolah yang ketat serta lingkungan sekolah yang kondusif juga mendukung terciptanya iklim sekolah yang positif. Dengan adanya iklim sekolah yang positif diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Masalah yang dikaji dalam penelitian yaitu Bagaimanakah pengaruh pencitraan siswa terhadap image sekolah hubungan antar civitas sekolah pelaksanaan tata tertib sekolah dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar dan juga mencari variabel yang paling dominan pengaruhnya serta pengaruh iklim sekolah terhadap prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari pengaruh keempat variabel bebas terhadap prestasi belajar dan variabel yang paling dominan pengaruhya serta pengaruh iklim sekolah terhadap prestasi belajar Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang yang berjumlah 320 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan proporsional random sampling dan menghasilkan 80 responden. Sedang untuk pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskripif dan analisis regresi ganda dengan menggunakan bantuan SPSS 13 0 for windows. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Keempat variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Variabel pelaksanaan tata tertib sekolah merupakan variabel yang pengaruhnya paling dominan. Iklim sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Saran yang diberikan yaitu hendaknya selalu menjaga iklim sekolah agar tetap menjadi iklim sekolah yang positif.yaitu dengan menyediakan segala fasilitas yang diperlukan. Dan peran serta dari seluruh civitas sekolah untuk mendukung terciptanya dan menjaga iklim sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38451

Actions (login required)

View Item View Item