Pengaruh efektivitas pemanfaatan dana bantuan operasional sekolah (BOS) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMPN se-kecamatan Pacitan / Smita Catur Sudyantara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efektivitas pemanfaatan dana bantuan operasional sekolah (BOS) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMPN se-kecamatan Pacitan / Smita Catur Sudyantara

Smita Catur Sudyantara (2009) Pengaruh efektivitas pemanfaatan dana bantuan operasional sekolah (BOS) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMPN se-kecamatan Pacitan / Smita Catur Sudyantara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di dalam penelitian ini peneliti mengambil kondisi akibat kenaikan bahan bakar minyak (BBM) untuk mengetahui kebijakan pemerintah yaitu pemberian kompensasi dalam bidang pendidikan. Dimana kompensasi tersebut berupa digulirkannya dana BOS (Bantuan Operasional sekolah) untuk meningkatkan akses layanan pendidikan untuk semua masyarakat. Dana BOS merupakan bantuan kepada para siswa yang diberikan melalui sekolah. Maka dari itu akan dikaji lebih jauh tentang pengaruh dana tersebut terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh efektivitas pemanfaatan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) terhadap motivasi belajar siswa. (2) untuk menganalisis pengaruh efektivitas pemanfaatan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) terhadap prestasi belajar siswa Adapun penelitian dilakukan dengan membandingkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada kondisi sebelum dan sesudah adanya dana BOS. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif korelasional. Data dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen angket tertutup dengan teknik random sampling yaitu cara memperoleh data tersebut dengan acak dengan tidak menggunakan perencanaan tertentu yang disi oleh 97 responden (10 % dari populasi yang berjumlah 973 orang) yang diambil pada SMPN Se-Kecamatan Pacitan. Dan kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik diskriptif. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis regresi yaitu menganalisis pengaruh efektivitas pemanfaatan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMPN se-Kecamatan Pacitan. Hasil dari penelitian bahwa pemanfaatan dana BOS telah dimanfaatkan secara efektif di SMPN se-Kecamatan Pacitan dengan rata-rata 67 2 % yang mana masuk dalam kategori baik. Secara keseluruhan terjadi peningkatan pada motivasi belajar siswa dapat ditunjukkan (1) SMPN 1 rata-rata motivasi belajar sebelum dana BOS 61 6 % sesudahnya 67 2 % (2) SMPN 2 rata-rata motivasi belajar siswa sebelum dana BOS 50 4 % sesudahnya 67 2 % (3) SMPN 3 rata-rata motivasi belajar siswa sebelum dana BOS 61 6 % sesudahnya 75 6 % (4) SMPN se-Kecamatan Pacitan rata-rata motivasi belajar siswa sebelum dana BOS 56 % sesudahnya 71 4 %. Untuk prestasi belajar siswa tidak terjadi peningkatan secara signifikan dapat ditunjukkan (1) SMPN 1 rata-rata prestasi belajar siswa sebelum dana BOS 80 sesudahnya 78 (2) SMPN 2 rata-rata prestasi belajar siswa sebelum dana BOS 75 sesudahnya 75 (3) SMPN 3 rata-rata prestasi belajar siswa sebelum dana BOS 70 sesudahnya 72 (4) SMPN se-Kecamatan Pacitan rata-rata prestasi belajar siswa sebelum dana BOS 76 sesudahnya 76. Dari analisis regresi terdapat pengaruh antara efektivitas pemanfaatan dana BOS (Bantuan operasional Sekolah) terhadap motivasi sedangkan pada prestasi tidak berpengaruh. Dan dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dengan adanya dana BOS sehingga dana BOS berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Sedangkan untuk prestasi belajar tidak terjadi peningkatan sehingga dana BOS tidak bisa mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38444

Actions (login required)

View Item View Item