Implementasi pembelajaran cooperative learning model jigsaw guna meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Malang / Anita Kusumaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran cooperative learning model jigsaw guna meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Malang / Anita Kusumaningtyas

Anita Kusumaningtyas (2009) Implementasi pembelajaran cooperative learning model jigsaw guna meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Malang / Anita Kusumaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di lokasi penelitian metode pengajaran yang masih umum digunakan oleh guru ekonomi di SMP Negeri 3 Malang adalah metode ceramah danj diskusi tradisional akibatnya siswa menjadi pasif dan bosan. Sehingga mereka malas untuk belajar dan dampaknya prestasi belajar siswa menjadi rendah. Dengan demikian untuk dapat lebih mengaktifkan siswa dan meningkatkan prestasi belajar perlu dilakukan varian dalam proses belajar mengajar misalnya dengan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif menawarkan beberapa model salah satunya adalah model jigsaw. Melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw siswa dilatih bekerjasama saling mendengarkan pendapat teman dan bertanggung jawab menunjukkan penguasaanya terhadap materi yang ditugaskan oleh guru. Penelitian tindakan kelas (PTK) pembelajaran kooperatif model jigsaw ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII-1 semester genap 2006/2007 di SMP Negeri 3 Malang. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan April 2007 yaitu mulai tanggal 6-20 April 2007. Penelitian ini terdiri dari dua siklus siklus I dilaksanakan pada tanggal 6 dan 13 April 2007 sedangkan siklus II dilaksanakan pada tanggal 20 April 2007. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 semester genap SMP Negeri 3 Malang. Jumlah siswa sebanyak 37 orang 15 laki-laki dan 22 perempuan. Data penelitian berupa peningkatan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. Aktivitas belajar siswa diamati berdasarkan lima unsure dasar pembelajaran kooperatif yaitu interaksi tatap muka tanggung jawab individu saling ketergantungan positif keterampilan berkomunikasi antar individu dalam kelompok dan evaluasi proses kelompok yang dikumpulkan dari hasil observasi melalui lembar observasi. Sedangkan prestasi belajar siswa didasarkan pada nilai tes prestasi belajar yang dilakukan di setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan data aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 18 38% (tingkat kurang) 44 87% (tingkat cukup) dan 36 7% (tingkat baik) dan pada siklus II adalah 8 65% (tingkat kurang) 39 46% (tingkat cukup) dan 51 89% (tingkat baik). Perolehan skor rata-rata belajar sebelum diajar menggunakan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada siklus I adalah 85 68% dengan ketuntasan belajar klasikal 83 78% dan pada siklus II adalah 79 46% dengan ketuntasan belajar klasikal 72 97%. Setelah diajar menggunakan pembelajaran kooperatif model jigsaw perolehan skor rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 88 38% dengan ketuntasan belajar klasikal 89 19% dan pada siklus II adalah 94 59% dengan ketuntasan belajar klasikal 94 59%. Hasil analisa data menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperif model jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. Mengingat pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa maka disarankan kepada guru ekonomi agar menerapkan pendekatan ini pada materi ekonomi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38443

Actions (login required)

View Item View Item