Perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII dalam penerapan kombinasi media pembelajaran modul dan audio visual dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMPN 1 Ampelgading Kabupaten Malang / Achmad Andri Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII dalam penerapan kombinasi media pembelajaran modul dan audio visual dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMPN 1 Ampelgading Kabupaten Malang / Achmad Andri Kurniawan

Achmad Andri Kurniawan (2010) Perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII dalam penerapan kombinasi media pembelajaran modul dan audio visual dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMPN 1 Ampelgading Kabupaten Malang / Achmad Andri Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada dasarnya penggunaan media pembelajaran yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar akan sangat membantu efektivitas hasil belajar siswa. Saat ini guru mendapat kebebasan dalam memilih metode pembelajaran yang akan digunakan selama ini pelajaran ekonomi lebih sering diajar dengan menggunakan metode ceramah yang konvensional menuntut siswa bersikap pasif karena yang berperan aktif adalah guru. Untuk mengefektifkan hasil belajar siswa salah satu cara yang dapat dilakukan ialah memotivasi siswa melalui penggunaan media pembelajaran modul yang dikombinasikan dengan audio visual . Pebelajaran dengan menggunakan modul dapat menjadikan siswa lebih produktif dan mandiri karena didalamnya terdapat penekanan materi berupa penyelesaian tugas individu sedangkan media audio visual lebih bermanfaat sebagai sarana mempermudah penyampaian informasi. Dengan demikian siswa akan memiliki keterampilan berpikir dan menerima materi yang disampaikan guru denan baik. Berdasarkan hal tersebut dalam penelitian ini ingin mengetahui keefektifan pencapaian hasil belajar siswa antara yang belajar dengan menggunakan media modul dan audio visual dengan siswa yang hanya belajar secara konvensional Penelitian ini bersifat eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Malang tahun ajaran 2006/2007. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII-B sebagai kelompok kontrol. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji beda kemampuan awal uji kemampuan akhir dan uji tingkat perkembangan siswa. Sedangkan uji hipotesisnya menggunakan Mean yang membandingkan rata-rata nilai test dan post test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan kombinasi media pembelajaran modul dan audio visual lebih baik dibandingkan siswa yang hanya belajar dengan metode konvensional. Bertitik tolak dari temuan dalam penelitian ini beberapa hal yang dapat disarankan oleh peneliti antara lain (1) kepada Kepala Sekolah SMPN 1 Ampelgading Kabupaten Malang agar lebih menekankan pada para guru untuk dapat lebih kreatif dalam memilih dan menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa sehingga kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif (2) Bagi peneliti selanjutnya karena banyaknya keterbatasan dalam penelitian ini salah satunya keterbatasan jumlah pertemuan dalam penelitian ini dan sedikitnya sampel yang bisa dilakukan penelitian maka untuk penelitian selanjutnya hendaknya lebih menekankan pada banyaknya jumlah sampel yang diteliti agar data yang akan diambil lebih baik disamping itu disarankan menambah jumlah pertemuan atau lebih lama dalam melakukan penelitian agar didapat data yang lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38441

Actions (login required)

View Item View Item