Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Malang / Benny Yuli Hasimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Malang / Benny Yuli Hasimah

Benny Yuli Hasimah (2009) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Malang / Benny Yuli Hasimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mutu pendidikan Indonesia masih jauh dibawah Negara-negara lain seperti Malaysia dan singapura untuk mengatasi masalah pendidikan maka pemerintah Indonesia melakukan pembaharuan dibidang kurikulum yang lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam pengembangan kompetensi yang dimiliki oleh siswa yang kemudian lebih dikenal dengan nama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum KBK adalah pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) yaitu model pembelajaran yang menghadirkan kehidupan nyata kedalam kelas sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran serta menjadi pebelajar yang otonom dan mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 13-27 April 2007 di SMA Negeri 2 Malang kelas X-8 pada pokok bahasan biaya produksi penerimaan dan laba/ rugi perusahaan selama tiga kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis dan angket kemandirian belajar siswa pada akhir siklus pembelajaran serta observasi kegiatan guru. Hasil rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siklus I 62 5 % dengan klasifikasi cukup baik dan rata-rata tes kemampuan berpikir kritis pada siklus II sebesar 80 98 % dengan klasifikasi baik. Data ini menunjukkan ada peningkatan sebesar 18 48 %. Sedangkan hasil rata-rata angket kemandiria belajar pada siklus I sebesar 65 62 dan pada siklus II sebesar 67 45 berarti ada peningkatan sebesar 1 83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa kelas X-8 SMA Negeri 2 Malang. Adapun saran yang dapat diberikan pada peneliti selanjutnya adalah (1) Guru mata pelajaran ekonomi disarankan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa (2) Pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah hendaknya dipertimbangkan kesesuaian antara materi yang dibahas dengan siswa dan kondisi lingkungannya serta waktu yang tersedia (3) Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya untuk diterapkan pada kelas dan sekolah lain dengan materi yang berbeda (4) Guru harus selalu mengingatkan siswa untuk memperhatikan dan menanggapi kelompok yang presentasi. Selain itu Guru harus tegas dalam memberikan tugas pada siswa agar siswa mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan (5) Sebaiknya Guru merubah posisi duduk yang mendukung untuk jalannya diskusi misalnya berbentuk U karena selama ini siswa duduk secara berkelompok dengan formasi berbentuk lingkaran dan (6) Untuk peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan tindakan tidak hanya dua kali putaran agar hasil yang diperoleh dapat lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38436

Actions (login required)

View Item View Item