Pengaruh persepsi guru ekonomi terhadap implementasi KBK 2004 di SMA se-Kota Blitar / oleh Reti Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi guru ekonomi terhadap implementasi KBK 2004 di SMA se-Kota Blitar / oleh Reti Rahayu

Reti Rahayu (2009) Pengaruh persepsi guru ekonomi terhadap implementasi KBK 2004 di SMA se-Kota Blitar / oleh Reti Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini semakin pesat dan secara tidak langsung menuntut dunia pendidikan termasuk pendidikan ekonomi untuk meningkatkan kualitasnya. Perubahan secara terus menerus ini menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka dilakukan perubahan dalam proses pembelajaran di sekolah. Perubahan itu dimulai dari cara guru mengajar dan bagaimana siswa belajar serta bagaimana cara siswa mengkonstruksi pengetahuan sendiri. Pemerintah telah mengadakan perubahan kurikulum dari kurikulum 1994 subplemen 1999 menjadi KBK 2004. Fungsi kurikulum bagi guru adalah sebagai pedoman dalam proses kegiatan belajar mengajar. Keberadaan kurikulum membuat guru dapat menyususn program pengajaran mulai dari menentukan tujuan menentukan strategi memilih alat evaluasi mengalokasikan waktu sampai dengan memilih media pembelajaran yang sesuai. Dalam konsteks implementasi KBK 2004 guru diberi kebebasan untuk mengembangkan kurikulum sesuai standar kompetensi dan potensi peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk (1)Mendeskripsikan persepsi guru ekonomi di SMA se-Kota Blitar terhadap Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 (2) Mendeskripsikan implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMA se- Kota Blitar (3) Mendeskripsikan hambatan-hambatan yang ditemui guru ekonomi dalam mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 (4)Menganalisis pengaruh persepsi guru terhadap implementasi KBK 2004 di SMA se- Kota Blitar. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan metode kuesioner wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh ditabulasi kemudian dianalisis melalui analisis deskriptif korelasional dengan teknik prosentase dan regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah 13 orang guru mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan pengelolaan data deskriptif diketahui bahwa guru mata pelajaran Ekonomi SMA se- Kota Blitar memiliki persepsi baik (pemahaman dan kemampuan) tentang KBK 2004 dan telah mengimplementasikan KBK 2004 dengan baik. Hasil dari analisis regresi ganda dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh persepsi guru ekonomi terhadap implementasi KBK 2004 di SMA se- Kota Blitar. Persepsi guru ekonomi terhadap implementasi KBK 2004 di SMA se- Kota Blitar dapat mempengaruhi 62 1% pengimplementasian KBK 2004. Selebihnya 37 9% baik dan tidaknya pengimplementasian KBK 2004 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Se- Kota Blitar dipengaruhi oleh factor lain diluar penelitian ini yang meliputi kesiapan guru dalam menerapkan KBK 2004 meliputi pemahaman guru terhadap KBK 2004 terbatasnya media pembelajaran yang ada. Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam rangka implementasi KBK 2004 meliputi hambatan dalam pembuatan persiapan perangkat pembelajaran ekonomi dan implementasi pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan KBK 2004 meliputi Prota Promes Rencana Pembelajaran Matrik Penilaian silabus dan Sistem Penilaian. Disimpulkan bahwa persepsi guru mata pelajaran ekonomi di SMA se-Kota Blitar memiliki persepsi yang baik terhadap KBK 2004 Guru-guru mata pelajaran ekonomi di SMA Se-Kota Blitar telah mengimplementasikan KBK 2004 dengan baik dalam proses belajar mengajar di kelas hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam rangka implementasi KBK 2004 meliputi hambatan dalam pembuatan persiapan perangkat pembelajaran ekonomi dan implementasi pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan KBK 2004 persepsi guru ekonomi terhadap implementasi KBK 2004 di SMA se Kota Blitar dapat mempengaruhi 62 1 % pengimplementasian KBK 2004 selebihnya 37 9 % dipenggaruhi faktor lain di luar penelitian meliputi kualitas guru dalam menerapkan KBK 2004 terbatasnya media pembelajaran kesiapan siswa dalam belajar. Saran dari penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan KBK 2004 bagi pihak sekolah SMA se- Kota Blitar adalah perlunya penambahan fasilitas pengajaran dan variasi media pembelajaran yang dapat mendukung terlaksananya KBK 2004 dengan baik dan sesuai dengan prosedur pelaksanaan yang benar perlu peningkatan untuk mengikuti berbagai jenis seminar lokakarya dan workshop bagi guru mata pelajaran Ekonomi yang berkaitan dengan pelaksanaan dan peningkatan kualitas pembelajaran dengan KBK 2004 secara intensif meningkatkan pemantauan dan evaluasi secara terpadu mengenai pelaksanaan KBK 2004 di masing-masing sekolah oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Peningkatan penerapan hasil seminar lokakarya dan workshop dalam kegiatan belajar mengajar agar pelaksanaannya sesuai dengan prosedur KBK 2004 peningkatan pemantauan perkembangan siswa yang diajar dengan KBK 2004 untuk mengatahui hasil yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38435

Actions (login required)

View Item View Item