Keefektifan penggunaan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakisaji Malang / oleh Nurlaelatul Karimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penggunaan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakisaji Malang / oleh Nurlaelatul Karimah

Nurlaelatul Karimah (2009) Keefektifan penggunaan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakisaji Malang / oleh Nurlaelatul Karimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan dapat membawa pengaruh secara besar terhadap pencapaian tujuan pendidikan Nasional Undang-Undang Dasar 1945 Pasal I ayat 2 menyebutkan tentang peran pemerintah mengupayakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran Nasional yang diatur dalam Undang-Undang. Upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan yang sesuai dengan perkembangan IPTEK dan Globalisasi antara lain melalui penyempurnaan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan meningkatkan kualitas tenaga pengajar serta proses pembelajarannya. Keberhasilan pendidikan tidak terlepas dari peran Guru yang merupakan komponen pendidikan yang terlibat langsung dalam pelaksanaan kurikulum di sekolah. Guru mempunyai peran penting sehubungan dengan tugasnya sebagai perencana dan pelaksana sekaligus mengevaluasi kegiatan belajar mengajar (KBM). Guru sebagai pelaksana utama kegiatan pendidikan dan pengajaran di sekolah maka guru juga dituntut untuk mampu menerapkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Guru dan siswa perlu mengetahui apa yang harus dicapai dan sejauh mana efektifitas belajar dicapai. KBK merupakan suatu format yang menetapkan suatu kompetensi yang diharapkan siswa dalam setiap tingkat dan menggambarkan langkah kemajuan siswa menuju kompetensi yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui perbedaan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dengan metode pembelajaran konvensional model ceramah dan Tanya jawab di kelas VIII SMP Negeri 1 Pakisaji Malang pada mata pelajaran IPS (2) untuk mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw dilihat dari segi prestasi belajar siswa. (3) untuk mengatahui kefektifan pembelajaran konvensional model ceramah Tanya jawab dilihat dari segi prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi Experimen rancangan penelitian Quasi experimental digunakan untuk mengetahui perpedaan prestasi belajar antara pembelajaran kooperatif model jigsaw (kelas eksperimen) dengan metode konvensional model ceramah tanya jawab (kelas kontrol) dengan melihat nilai preetes dan post test Populasi penelitian adalah kelas VIII di SMP Negeri I Pakisaji Malang yang terdiri dari 5 kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas yang dipilih secara random yaitu kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen pelaksanaan Quasi eksperimen dalam penelitian ini adalah (1) perlakuan pembelajaran (2) instrumen monitoring teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) metode tes (2) metode observasi Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji beda mean Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran metode kooperatif model jigsaw dengan metode konvensional model ceramah bervariasi dan tanya jawab dalam aspek kognitif (2) Setrategi pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan mengurangi ketegangan siswa dalam proses pembelajaran pada penerapan metode pembelajaran konvensional siswa mengalami kebosanan dan kurang mengaktifkan diri sehinga menunjukan bahwa metode pembelajaran kooperatif model jigsaw lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri I pakisaji Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada Kepala Sekolah agar lebih memotivasi kepada Guru-Guru SMPN 1 Pakisaji Malang dalam menerapkan strategi pembelajaran kooperatif baik itu berupa Jigsaw STAD Numbered Head Together dan Think Pair Share secara bervariasi sesuai dengan kondisi siswa pokok bahasan yang dipelajari kemampuan Guru dan tujuan pembelajaran. Kepada para guru agar dapat menerapkan strategi pembelajaran secara bervariasi sehingga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya karena banyaknya keterbatasan dalam penelitian ini diantara jumlah pertemuan jumlah sampel dan hanya membandingkan antara pembelajaran kooperatif model Jigsaw dengan metode pembelajaran konvensional model ceramah tanya jawab maka perlu diadakan penelitian pada sampel yang lebih banyak agar hasil penelitian dapat lebih bagus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38434

Actions (login required)

View Item View Item