Keefektifan pembelajaran kooperatif model stad dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Lab UM pada pokok bahasan anggaran pendapatan belanja pemerintah dan kebijakan anggaran / oleh Sri Andayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan pembelajaran kooperatif model stad dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Lab UM pada pokok bahasan anggaran pendapatan belanja pemerintah dan kebijakan anggaran / oleh Sri Andayani

Sri Andayani (2010) Keefektifan pembelajaran kooperatif model stad dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Lab UM pada pokok bahasan anggaran pendapatan belanja pemerintah dan kebijakan anggaran / oleh Sri Andayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andayani Sri. 2007. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Model STAD dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS-2 di SMA LAB UM. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (I) Drs. Sapir S.Sos M.Si (II) Drs. Hj Lisa Rokhmani M.Si. Kata kunci Pembelajaran kooperatif Model STAD Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan di SMA LAB UM diketahui bahwa metode pengajaran yang masih sering digunakan adalah metode ceramah diskusi kelompok kecil dan tanya jawab cara pengajaran ini belum memberikan hasil yang maksimal sehingga siswa cenderung pasif dan bosan dalam belajar. Hal inilah yang menyebabkan kurangnya semangat siswa untuk belajar dan akhirnya menyebabkan hasil belajar siswa tidak maksimal. Melihat permasalahan tersebut hendaknya guru memberi variasi dalam pembelajaran khususya variasi dalam metode belajar untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif memiliki beberapa model salah satunya adalah model STAD. Melalui metode STAD ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok setiap kelompok terdiri dari 4-5 anggota anggotanyapun harus heterogen tiap kelompok diharapkan dapat saling bekerjasama dengan temannya dan saling membantu untuk menguasai materi . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa serta persepsi siswa mengenai pembelajaran ekonomi melalui model STAD. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 x pertemuan. Setiap pertemuan 2 x 45 menit. Penelitian dilakukan di SMA LAB UM kelas XI-IPS pada semester gasal tahun ajaran 2006/2007. Jumlah siswa sebanyak 48 oarang 19 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September tahun 2006. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan pembelajaran oleh guru mengalami peningkatan sebesar 12.17% (siklus I 68.25% dan siklus II 80.42%) ini berarti guru sudah baik dalam mengelola pembelajaran di kelas. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 53.18% dengan taraf keberhasilan tindakan cukup sedangkan pada siklus II sebesar 70.80% dengan taraf keberhasilan tindakan baik.. Peningkatan juga nampak pada hasil belajar siswa sebesar 12.48% (siklus I 72.92% dan siklus II 85.4%). Hasil analisis data tersebut juga menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi sehingga dapat digunakan sebagai variasi model pembelajaran ekonomi. Berdasarkan analisis angket siswa dapat diketahui 12.48% siswa sangat setuju dan 47.66% siswa setuju terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model STAD alasannya antara lain siswa bersemangat jika belajar berkelompok dan dapat meningkatkan semangat kerja keras dalam belajar meningkatkan kerjasama dan keaktivan siswa dapat membangun hubungan yang lebih baik diatara teman serta meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) bagi kepala sekolah agar memberi motivasi kepada guru bidang studi ekonomi agar menerapkan metode pembelajaran kooperatif model STAD dengan pokok bahasan tertentu untuk mengelola pembelajaran (2) kepada guru ekonomi agar mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD namun pada pokok bahasan tertentu agar siswa tidak merasa bosan dan akhirnya siswa semangat untuk belajar (3) hendaknya penelitian diteruskan pada kelas atau sekolah lain agar lebih meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38432

Actions (login required)

View Item View Item