Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas sekolah dan sifat (kepribadian) guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMAK Cor Jesu Malang / oleh Siti Nur Aisyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas sekolah dan sifat (kepribadian) guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMAK Cor Jesu Malang / oleh Siti Nur Aisyah

Siti Nur Aisyah (2009) Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas sekolah dan sifat (kepribadian) guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMAK Cor Jesu Malang / oleh Siti Nur Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar siswa didorong oleh berbagai macam faktor diantaranya fasilitas sekolah dan sifat (kepribadian) guru yang ditampilkan dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa sifat (kepribadian) guru terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu penelitian ini juga untuk menganalisis pengaruh fasilitas sekolah dan sifat (kepribadian) guru secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapakan sebagai jalan untuk memotivasi siswa melalui perbaikan fasilitas sekolah dan penampilan sifat (kepribadian) guru yang baik. Penelitian ini dilakukan di SMAK Cor Jesu dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAK Cor Jesu tahun ajaran 2005/2006 sejumlah 165 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik propotionate startified random sampling sejumlah 50 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian deskriptif korelasi. Metode pengumpulan data yang digunkan adalah dokumentasi kuesioner dan observasi. Analisis yang dipakai adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian sebagai berikut (1) Sebanyak 35 responden menjawab bahwa fasilitas sekolah tergolong baik . Sebanyak 45 responden menjawab bahwa sifat (kepribadian) guru tergolong baik . Sedangkan tingkat motivasi belajar siswa kelas XI SMAK Cor Jesu Malang juga tergolong baik ini ditunjukkan dengan besarnya persentase 90% dari responden menunjukkan motivasi yang baik. (2) Secara parsial fasilitas sekolah mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar. Sifat (kepribadian) guru juga mempengaruhi motivasi belajar siswa secara signifikan. (3) Secara simultan fasilitas sekolah dan sifat (kepribadian) guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Dari penelitian ini didapatkan bahwa 84 3% dari faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah fasilitas dan sifat (kepribadian) guru sedangkan sisanya yaitu 15 7% dipengaruhi oleh variabel lain seperti kondidi perekonomian orang tua dan kondisi masayarakat sekitar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah fasilitas sekolah di SMAK Cor Jesu dalam kondisi baik sifat (kepribadian) guru juga tergolong baik dan motivasi belajar siswa kelas II SMAK Cor Jesu Malang tergolong baik. Secara parsial dan secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas sekolah dan sifat (kepribadian) guru terhadap motivasi belajar siswa kelas II SMAK Cor Jesu Malang. Oleh karena itu peneliti sarankan kepada pihak sekolah untuk selalu memberikan fasilitas sekolah yang menunjang proses belajar mengajar seperti keadaan penataan ruang kelas keadaan taman sekolah keadaan kamar mandi dan keadaan UKS. Juga untuk kalangan pendidik agar menampilkan sifat (kepribadiannya) dalam proses belajar mengajar secara baik agar siswa menjadi termotivasi dalam belajar yang nantinya akan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38431

Actions (login required)

View Item View Item