Pengaruh motivasi belajar, IQ dan EQ terhadap tingkat prestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 3 Pamekasan / oleh Yunita Chafiyati Fahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar, IQ dan EQ terhadap tingkat prestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 3 Pamekasan / oleh Yunita Chafiyati Fahmi

Yunita Chafiyati Fahmi (2009) Pengaruh motivasi belajar, IQ dan EQ terhadap tingkat prestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 3 Pamekasan / oleh Yunita Chafiyati Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pencapaian hasil belajar banyak faktor yang mempengaruhinya antara lain adalah faktor inteligensi motivasi belajar sikap dan kebiasaan serta kestabilan jiwa. Hal ini banyak terjadi dalam diri siswa SMAN 3 Pamekasan dimana proses belajar lebih banyak berlangsung di sekolah daripada di rumah. Hal ini membuat siswa tidak dapat mengenal dirinya dan hanya tergantung pada guru pengajar di sekolah serta proses belajar mengajar yang terjadi di dalam kelas. Hal ini juga dapat membuat pola pikir siswa tidak kreatif dan berkembang sehingga memiliki motivasi belajar yang rendah. Tidak semua siswa memiliki kebiasaan belajar dan motivasi yang baik dalam kegiatan belajarnya. Jika hal ini sering terjadi pada diri siswa maka prestasi belajar siswa akan menurun. Maka dari itu diperlukan adanya suatu cara yang dapat mengatasi masalah tersebut. Dengan motivasi belajar IQ dan EQ yang tinggi maka prestasi yang diraih akan lebih baik dan meningkat. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat motivasi belajar IQ dan EQ serta tingkat prestasi siswa-siswi di SMAN 3 Pamekasan dan bagaimanakah pengaruh motivasi belajar IQ dan EQ terhadap tingkat prestasi siswa-siswi di SMAN 3 Pamekasan pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar IQ dan EQ terhadap tingkat prestasi pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 3 Pamekasan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dimana dengan metode ini dapat diketahui fakta dan masalah yang terjadi serta pengaruh dari suatu fenomena. Data dalam penelitian ini berupa pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan tingkat motivasi belajar dan kecerdasan emosional siswa yang terdiri dari 40 pertanyaan. Sampel yang digunakan adalah 30 orang yang diperoleh dari empat kelas XI IPS. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis regresi linear berganda dan dilanjutkan dengan adanya pengujian hipotesis yang terdiri dari uji normalitas uji heterokodestisitas uji multikolinearitas dan uji otokorelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan antara motivasi belajar IQ dan EQ terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 42 2% artinya bahwa kontribusi yang diberikan oleh variabel motivasi belajar IQ dan EQ terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 42 2% sedangkan sisanya 57 8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hal ini juga membuktikan bahwa motivasi belajar IQ dan EQ yang tinggi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Secara parsial hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan oleh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat adalah untuk motivasi belajar sebesar 34 4% kecerdasan intelektual sebesar 36% dan kecerdasan emosional sebesar 36 9%. Hal ini membuktikan bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa antara lain adalah motivasi belajar IQ dan EQ serta banyak lagi yang lainnya misalnya faktor biologis lingkungan keluarga sekolah dan lingkungan masyarakat. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memasukkan variabel yang lain misalnya faktor lingkungan ataupun kehidupan ekonomi serta sarana dan prasarana sehingga hasilnya lebih reliabel dan dapat memperkuat teori dan penemuan yang ada sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38430

Actions (login required)

View Item View Item