Efektivitas penerapan strategi pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang pada pokok bahasan koperasi sekolah / oleh Yuni Susilowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan strategi pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang pada pokok bahasan koperasi sekolah / oleh Yuni Susilowati

Yuni Susilowati (2009) Efektivitas penerapan strategi pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang pada pokok bahasan koperasi sekolah / oleh Yuni Susilowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Ketepatan memilih metode pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Selama ini metode pembelajaran yang digunakan oleh kelas X SMUN 6 Malang adalah menggunakan metode ceramah tanya jawab dan mengerjakan tugas LKS. Proses pembelajaran yang monoton menyebabkan siswa jenuh dan bosan sehingga prestasi belajar menurun. Untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menggunakan strategi pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan konvensional dalam pembelajaran ekonomi (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran ekonomi dengan menggunakan pembelajaran koopertaif model Jigsaw dan metode konvensional (3) adanya perbedaan prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi antara siswa yang mendapat pengajaran dengan pembeljaran kooperatif model Jigsaw dan konvensional. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Disain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post test Control Group Desain. Penelitian ini dilakukan di SMAN 6 Malang kecamatan Kedung Kandang Kota Malang dengan jumlah sampel 79 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling (diambil dengan pertimbangan/tujuan tertentu) yaitu kelas XC sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 41 siswa dan kelas XD sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 38. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) data tentang pengelolaan pembelajaran dengan model Jigsaw dan konvensional melalui pengamatan dan wawancara (2) data tentang kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model Jigsaw dan konvensional melalui observasi (3) data mengenai prestasi belajar diperoleh melalui pos tes dan pengamatan. Uji prasayarat analisis yang digunakan adalah uji non parametrik dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengelolaan pembelajaran ekonomi dengan model Jigsaw membuat kegiatan pembelajaran lebih terpusat pada siswa (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif model Jigsaw sudah cukup baik (3) tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi antara siswa yang mendapat pengajaran dengan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan konvensional. Bertitik tolak dari temuan dalam penelitian ini beberapa hal yang dapat disarankan oleh peneliti antara lain (1) kepada kepala sekolah agar menyarankan atau memberi motivasi kepada guru-guru SMA Negeri 6 agar menerapkan strategi pembelajaran kooperatif baik itu berupa Jigsaw STAD GI Numbered Head Together dan Think Pair Share (2) kepada para guru agar dapat menerapkan strategi pembelajaran kooperatif sehingga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa (3) bagi peneliti selanjutnya karena banyaknya keterbatasan dalam penelitian ini diantaranya jumlah pertemuan jumlah sampel dan hanya membandingkan antara pembelajaran kooperatif dan Jigsaw maka perlu dilakukan penelitian pada sampel yang lebih banyak agar hasil penelitian dapat lebih bagus (4) dalam memulai proses pembelajaran baik guru maupun siswa harus mempersiapkan diri dengan baik. Siswa sebelum melaksanakan proses pembelajaran dengan model Jigsaw perlu diberi persiapan atau informasi yang lengakap agar tidak terjadi kesalahpahman antara guru dan siswa (5) dalam menerapkan strategi pembelajaran model Jigsaw guru perlu menyesuaikan penerapannya dengan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38428

Actions (login required)

View Item View Item