Sari, Luvita Dewi Puspita (2011) Pengaruh kinerja guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MAN 2 Tulungagung / Luvita Dewi Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prestasi yang maksimal dapat diperoleh seseorang melalui suatu proses yang biasa disebut dengan belajar. Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungan yang disebabkan oleh pengalaman yang terjadi berulang-ulang dan relatif menetap dan mempunyai sifat yang membekas sepanjang hayat. Prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil tes yang dilakukan guru. Prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan skor atau angka yang menunjukkan nilai dari sejumlah mata pelajaran yang menggambarkan kemampuan dan pengetahuan yang diperoleh siswa. Hasil tes inilah yang digunakan untuk mengukur tinggi rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa. Tinggi rendahnya prestasi yang dicapai siswa juga tergantung oleh kinerja guru dan motivasi belajar siswa. Kinerja guru adalah hasil kerja yang dicapai oleh seorang guru dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan pengalaman dan kesungguhan. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki seorang guru akan lebih memudahkan dalam memahami karakter siswa yang akan diajarnya dan memudahkan guru dalam menentukan metode yang akan dipakai dalam proses belajar mengajar. Hanya saja dalam penelitian ini terdapat kelemahan pada variabel kinerja guru yaitu hanya berdasarkan pada persepsi dari siswa saja yang akhirnya belum bisa menggambarkan kinerja guru seutuhnya. Sedangkan motivasi belajar adalah kesanggupan untuk melakukan kegiatan belajar karena didorong oleh keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dari dalam dirinya ataupun yang datang dari luar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hubungan antara kinerja guru dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di MAN 2 Tulungagung (2) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di MAN 2 Tulungagung (3) Untuk mengetahui hubungan simultan antara kinerja guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini tergolong dalam jenis korelasional karena berusaha mencari korelasi (hubungan) antara variabel bebas dan variabel terikat dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Tulungagung dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di MAN 2 Tulungagung. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini yaitu (X1) kinerja guru (X2) motivasi belajar dan (Y) adalah prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di MAN 2 Tulungagung. Dengan menggunakan analisis berganda yang menggunakan SPSS 15.0 diperoleh t hitung pada variabel kinerja guru sebesar 4 625 dengan signifikansi 0 000. Maka t hitung t tabel (4 625 1 66) dan besarnya probabilitas (Sig.) 0 000 0 05. Sehingga H0 ditolak dan koefisien regresi signifikan. Dan thitung pada variabel motivasi belajar sebesar 2 917 dengan signifikansi 0 004. Maka t hitung t tabel (2 917 1 66) dan besarnya probabilitas (Sig.) 0 004 0 05. Sehingga H0 ditolak dan koefisien regresi signifikan. Dan dari data ANOVA diketahui F sebesar 23 116 dan signifikansi 0 000 maka nilai F 0 05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga koefisien regresi signifikan. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa secara parsial maupun simultan kinerja guru dan motivasi belajar sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Bagi pihak sekolah usaha yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja guru adalah dengan sering mengikut sertakan guru-guru pada kegiatan seminar-seminar pendidikan sering bertukar pengalaman dengan sesama guru juga mendorong untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bagi siswa tentunya bisa lebih dioptimalkan dengan sering mengadakan belajar kelompok rajin mencari literatur pelajaran dan bisa juga dengan ikut bimbingan belajar. Dengan usaha yang optimal dari guru dan motivasi yang tinggi dari siswa akan diperoleh prestasi belajar yang optimal juga.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38425 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |