Estafet kepemimpinan kepala pesantren (studi kasus pada Pesantren Mahasiswa Al-Hikam di Kota Malang) / Luthfi Zulfikar - Repositori Universitas Negeri Malang

Estafet kepemimpinan kepala pesantren (studi kasus pada Pesantren Mahasiswa Al-Hikam di Kota Malang) / Luthfi Zulfikar

Zulfikar, Luthfi (2017) Estafet kepemimpinan kepala pesantren (studi kasus pada Pesantren Mahasiswa Al-Hikam di Kota Malang) / Luthfi Zulfikar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zulfikar Luthfi. 2017. Estafet Kepemimpinan Kepala Pesantren (Studi Kasus pada Pesantren Mahasiswa Al-Hikam di Kota Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd (II) Dr. Asep Sunandar S.Pd M.AP. Kata Kunci estafet kepemimpinan kepala pesantren pesantren Al-Hikam Malang Kepemimpinan pesantren merupakan proses yang mempengaruhi dan menggerakan semua anggota dan santri-santri pada lingkup lembaga pesantren untuk mencapai tujuan dari pesantren. Sistem kepala pesantren memiliki tujuan untuk membentuk karakter seseorang dengan tradisi Islam baik tradisional maupun tradisi Islam modern dengan dibimbing oleh seorang kyai ustad-ustad maupun seorang pengurus pondok pesantren. Kepemimpinan kyai di lingkungan pesantren terkait dengan kekuasaan yang bersifat spiritual dimana seorang kyai dipandang sebagai pewaris Nabi. Pesantren sangatlah kental dengan tradisi keislaman dan seorang pemimpin pesantren sangatlah dihormati dan menjadi panutan bagi santri-santri. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencangkup sistem pesantren dalam estafet kepemimpinan kepala pesantren nilai-nilai edukatif dalam sistem estafet kepemimpinan kepala pesantren serta masalah yang dihadapi dalam sistem estafet kepala pesantren. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif lokasi penelitian di pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) teknik wawancara mendalam (2) teknik observasi partisipan (3) teknik studi dokumentasi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa catatan lapangan dan alat dokumentasi. Informan terdiri dari pengasuh kepala pesantren dan ustad. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik studi kasus. Hasil yang diperoleh dari peneliti ini meliputi (1) model estafet kepemimpinan kepala pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang yaitu melalui penunjukan oleh bapak pengasuh berdasarkan garis keturunan (nasab) dengan mengutamakan kompetensi dan kemampuan dalam mengelola pesantren (2) nilai-nilai yang melandasi estafet kepemimpinan kepala pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang yaitu nilai pendidikan nilai keagamaan dan nilai sosial masyarakat (3) masalah yang dihadapi dalam estafet kepala pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang yaitu belum adanya kriteria tertulis atau Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang dijadikan tolak ukur nasab untuk menjadi kepala pesantren dan kurang perhatiannya pengasuh karena pengasuh merintis pondok pesantren Al-Hikam Depok dan menjadi Dewan Pertimbangan Presiden. Berdasarkan kesimpulan penelitian maka disarankan (1) pengasuh (kyai) agar menyusun Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) untuk kepala pesantren sesuai dengan budaya pesantren secara tertulis dan disepakati oleh warga pesantren agar landasan dan aturan dapat dijalankan (2) kepala pesantren agar selalu meningkatkan nilai keagamaan pendidikan dan sosial kepada seluruh ustad staf pesantren unit-unit usaha dan santri. Agar spritual pesantren dan tradisi pesantren tetap terjaga (3) santri mendapatkan informasi mendalam tentang sistem estafet kepala pesantren nilai-nilai yang melandasi dan masalah dalam sistem estafet kepala pesantren (4) pesantren lain hasil penelitian ini dapat dijadikan pedoman atau strategi dalam penunjukan kyai kepala pesantren maupun lurah pondok dalam memimpin pesantren (5) Jurusan Administrasi pendidikan menambah pengetahuan dan informaasi mengenai kepemimpinan pesantren khususnya mengenai tradisi estafet pesantren (6) hasil peneliti ini dapat dijadikan sebagai inspirasi bahan rujukan dan bahan bacaan yang berkaitan dengan kepala pesantren dalam sistem estafet kepemimpinan pesantren nilai-nilai yang melandasi dan masalah dalam sistem estafet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3842

Actions (login required)

View Item View Item