Tsauri, Muhammad Sufyan (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi mindmanager untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum ( studi pada kelas x OTKP di SMK Negeri 2 KEDIRI) / Muhammad Sufyan Tsauri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Tsauri Muhammad Sufyan. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android menggunakan Aplikasi Mindmanager untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Administrasi Umum (Studi pada Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 2 Kediri). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Android Mindmanager Administrasi Umum Hasil belajar Perkembangan dan kemajuan teknologi sangat mempengaruhi pola pendidikan setiap sekolah juga melakukan adaptasi dengan adanya teknologi tersebut yaitu dengan cara memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi sehingga memperjelas pencapaian materi pembelajaran serta perlu adanya pengembangan media pembelajaran di sekolah agar dapat memanfaatkan kemajuan teknologi secara optimal. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis Android dengan menggunakan Mindmanager untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Kediri (2) Menilai kelayakan media pembelajaran berbasis Android dengan aplikasi Mindmanager melalui validasi oleh ahli media dan ahli materi serta (3) Mengidentifikasi perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Android dengan aplikasi Mindmanager. Teknik penelitian ini mengadopsi pendekatan penelitian dan pengembangan berdasarkan teori Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah metodologis (1) Identifikasi potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Produk akhir. Dalam penelitian ini data dibagi menjadi dua jenis data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif meliputi skor dari angket yang diberikan kepada validator dan peserta didik dalam uji coba kelompok kecil serta nilai rata-rata hasil belajar dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan SPSS dengan metode independent sample t-test untuk menentukan signifikansi perbedaan antara kedua kelompok tersebut. Sementara itu data kualitatif berupa evaluasi dari validator dan peserta didik mengenai masukan untuk meningkatkan produk agar lebih sesuai sebagai media pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran berbasis Android menggunakan Mindmanager dengan materi KD 3.9 Menerapkan Tata Ruang Kerja/Kantor (Office Layout). Media pembelajaran yang dikembangkan mencakup fitur video pembelajaran dan latihan soal serta dapat digunakan tanpa memerlukan jaringan internet. Hasil penilaian oleh validator media adalah 88 75% sedangkan validator materi memberikan penilaian sebesar 91 25%. Perolehan nilai rata-rata validator ahli sebesar 90% yang berarti aplikasi ini telah layak sebagai media pembelajaran. Selain itu produk juga telah diuji cobakan kepada peserta didik dalam kelompok kecil untuk mengukur respon mereka terhadap media pembelajaran ini dan diperoleh total nilai sebesar 90 42% yang berarti termasuk kategori sangat valid. Berdasarkan hasil perhitungan memakai SPSS dengan uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi (sig.) sebesar 0 000 yang lebih rendah dari 0 05. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan saat menggunakan media pembelajaran berbasis Mindmanager. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan Mindmanager sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP adalah layak dan efektif serta dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Saran untuk peneliti berikutnya adalah agar mereka dapat meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan kompetensi serta memperhatikan fitur-fitur yang diperlukan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/384166 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |