Pengembangan media pembelajaran digital interaktif berbantuan website wordwall dalam meningkatkan hasil belajar kognitif / Berlian Mahda Juniar</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran digital interaktif berbantuan website wordwall dalam meningkatkan hasil belajar kognitif / Berlian Mahda Juniar</p>

Juniar, Berlian Mahda (2020) Pengembangan media pembelajaran digital interaktif berbantuan website wordwall dalam meningkatkan hasil belajar kognitif / Berlian Mahda Juniar</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan media interaktif pada pembelajaran menjadikannya lebih efektif dan menjadikan suasana pembelajaran yang awalnya membosankan menjadi lebih menarik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetauhi perbedaan hasil belajar kognitif pada media pembelajaran berbantuan website wordwall telah diuji oleh ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kelayakan produk. Permasalahan yang terjadi saat penelitian karena adanya peserta didik yang nilainya masih banyak dibawah kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang disebabkan oleh gangguan gadget sehingga menurunnya konsentrasi belajar. Oleh karena itu diciptakannya Website Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada peserta didik kelas XI MPLB di SMK Negeri 1 Malang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall dengan 10 tahapan yang dimodifikasi menjadi 9 tahapan. Teknik analisis data yang dipakai pada penelitian ini berbentuk analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui tahap observasi wawancara dokumentasi dan survey. Penilaian pada hasil belajar kognitif dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan website wordwall pada peserta didik kelas eksperimen sangat signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Keterbaruan pada penelitian ini yaitu mampu menciptakan suasana dan gaya belajar yang menarik dan interaktif karena website wordwall menawarkan menu permainan yang dapat diakses melalui website dengan disajikan materi yang telah diajarkan sehingga peserta didik mampu terlibat pada proses pembelajaran dengan menggunakan gadget masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/384159

Actions (login required)

View Item View Item