Pengaruh work overload dan ambiguitas peran guru terhadap komitmen kerja dengan stres kerja sebagai variabel intervening / Seselia Apriliani Putri</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh work overload dan ambiguitas peran guru terhadap komitmen kerja dengan stres kerja sebagai variabel intervening / Seselia Apriliani Putri</p>

Putri, Seselia Apriliani (2024) Pengaruh work overload dan ambiguitas peran guru terhadap komitmen kerja dengan stres kerja sebagai variabel intervening / Seselia Apriliani Putri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komitmen kerja pada guru merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan mutu Pendidikan. Namun stres kerja yang dialami guru sering menyebabkan komitmen kerja menurun. Faktor yang dapat meningkatkan stres yaitu termasuk work overload dan ambiguitas peran. Work overload mencakup tuntutan tugas yang berlebihan dalam waktu yang terbatas dan ambiguitas peran mencakup kurangnya informasi dan pemahaman guru terhadap pekerjaanya atau karena guru memilki lebih dari satu peran. Guru tidak hanya mengajar tapi mendapatkan tugas tambahan seperti wali kelas wakil kepala sekolah kepala jurusan kepala bengkel kepala laboratorium kepala perpustakaan asesor dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh work overload dan ambiguitas peran pada komitmen kerja dengan stres kerja sebagai variabel intervening. Yang melibatkan guru SMK Negeri di Kota Malang dengan 249 guru sebagai sampel pemilihan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif menggunakan pengolahan data partial least square (PLS) dengan pengambilan data menggunakan angket fisik dan google form. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh secara langsung positif dan signifikan work overload dan ambiguitas peran terhadap stres kerja serta ada pengaruh tidak langsung work overload dan ambiguitas peran negatif dan signifikan pada komitmen kerja melalui stres kerja sebagai variabel intervening. Namun hasil dari work overload dan ambiguitas peran terhadap komitmen kerja tidak memiliki pengaruh karena hasil yang tidak signifikan. Temuan pada penelitian ini dapat memberikan implikasi bagi sekolah untuk mengembangkan strategi meningkatkan komitmen kerja guru terhadap pekerjaannya dengan mengurangi beban kerja dan ambiguitas peran untuk membantu mengatasi stres kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/384144

Actions (login required)

View Item View Item