Sari, Dewi Shinta Ayu Puspita (2024) Virtual reality: solusi inovatif untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik peserta didik di SMK / Dewi Shinta Ayu Puspita Sari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Virtual Reality (VR) berpengaruh di dunia pendidikan khususnya pada proses pembelajaran. Penggunaan VR ini berkaitan dengan perkembangan motorik siswa karena memberi keterampilan motivasi serta minat belajar kepada siswa. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berbasis realitas virtual yang membantu siswa meningkatkan kemampuan psikomotorik mereka. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah penjelasan deskriptif perhitungan angket posttest dan penilaian kemampuan psikomotorik. Media pembelajaran yang telah dikembangkan di validasi oleh para ahli dan diujicobakan kepada kelompok besar dan kecil. Kelompok kecil terdiri dari enam siswa yang berkemampuan rendah sedang dan tinggi sedangkan kelompok besar terdiri dari tiga puluh dua siswa kelas X MPLB 1 sebagai kelas eksperimen dan tiga puluh dua siswa kelas X MPLB 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji coba produk mendapatkan rata-rata yang tinggi dengan berkriteria sangat layak dan menurut penilaian kemampuan psikomotorik siswa kelas eksperimen memperoleh nilai lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) layak digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu membantu dalam meningkatkan keterampilan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/384143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |