Hubungan penerapan etika perkantoran dan sikap pelayanan prima tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Mohammad Yusuf Tri Handoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan penerapan etika perkantoran dan sikap pelayanan prima tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Mohammad Yusuf Tri Handoko

Handoko, Mohammad Yusuf Tri (2017) Hubungan penerapan etika perkantoran dan sikap pelayanan prima tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Mohammad Yusuf Tri Handoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handoko Mohammad Yusuf Tri. 2017. Hubungan PenerapanEtikaPerkantorandanSikapPelayanan Prima TenagaAdministrasiSekolahdenganKepuasanPesertaDidikSekolahMenengahPertamaNegeri diKecamatanBanturKabupaten Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. Agus Timan M.Pd (II) Desi Eri Kusumaningrum S.Pd. M.Pd. Kata Kunci etika perkantoran pelayanan prima kepuasan peserta didik Etikaperkantorandanpelayanan prima merupakanfaktor yang dapatditerapkanoleh para tenagaadministrasisekolahdalammemberikanpelayanansehinggadapatmeningkatkankepuasanpelanggan (pesertadidik). Pelayananadministrasimembutuhkantenagaadministrasisekolah yang kompetendanmemilikiketerampilanuntukmemberikanpelayanan yang baik agar dapatmemberikankepuasanbagi para pelangganpendidikan.Denganmenerapkanetikaperkantorandanpelayanan prima makapesertadidikakanmemberikankesan yang positifterhadapinstansi yang bersangkutan. Adapuntujuandalampenelitianiniadalah (1) mendeskripsikan tingkat penerapan etika perkantoran tenaga administrasi sekolah SMP Negeri di Kecamatan BanturKabupaten Malang (2) mendeskripsikan tingkat penerapan pelayanan prima tenaga administrasi sekolahSMP Negeri di Kecamatan BanturKabupaten Malang (3) mendeskripsikan tingkat kepuasan peserta didik atas layanan yang diberikan oleh tenaga administrasi sekolah SMP Negeri diKecamatan BanturKabupaten Malang (4) menjelaskan hubungan penerapan etika perkantoran tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik SMP Negeri di Kecamatan BanturKabupaten Malang (5) menjelaskan hubungan penerapan pelayanan prima tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik SMP Negeri di Kecamatan BanturKabupaten Malang (6) menjelaskan hubungan antara penerapan etika perkantoran dan pelayanan prima tenaga administrasi sekolah dengan kepuasan peserta didik SMP Negeri di Kecamatan BanturKabupaten Malang. Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdanjenispenelitian yang digunakanadalahdeskriptifkorelasional. Penelitianinidilakukanpadapesertadidik SMPN di KecamatanBanturKabupaten Malangdenganrespondensebanyak 280. Teknikpengumpulan data penelitiandenganmenggunakanangkettertutup. Analisis data dalampenelitianiniterdiriatas (1) analisisdeskriptif (2) analisiskorelasiproduct moment pearson dan (3) korelasiganda. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) penerapan etika perkantoran para tenaga administrasi sekolah SMP Negeri di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang berada pada kategori sangat tinggi (2) penerapan pelayanan prima para tenaga administrasi sekolah SMP Negeri di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang berada pada kategori tinggi (3) kepuasan peserta didik atas pelayanan yang diberikan oleh tenaga administrasi sekolah SMP Negeri di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang berada pada kategori tinggi (4) terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan etika perkantoran tenaga administrasi sekolah dalam memberikan pelayanan dengan kepuasan peserta didik SMPN di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang (5) terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan pelayanan prima para tenaga administrasi sekolah dalam memberikan pelayanan dengan kepuasan peserta didik SMPN di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang (6) terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan etika perkantoran dan pelayanan prima tenaga administrasi sekolah dalam memberikan pelayanan dengan kepuasan peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Saran-saran yang dapatdikemukakansehubungandenganhasilpenelitianiniadalahkepada (1)bagi tenaga administrasi sekolah SMP Negeri di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang yang secara langsung memberikan pelayanan hendaknya mempertahankan tingkat etika perkantoran saat memberikan pelayanan kepada peserta didik agar tetap memuaskan serta lebih meningkatkan tingkat pelayanan prima ketika memberikan pelayanan karena dari hasil analisis angket pada subvariabel perhatian saat memberikan pelayanan memiliki kategori paling rendah sehingga hal ini berdampak pada ketidakpuasan peserta didik. Oleh karena itu pada subvariabel perhatian harus lebih ditingkatkan agar tingkat kepuasan peserta didik dapat meningkat dan memberikan kesan yang positif terhadap perkembangan kinerja para tenaga administrasi sekolah (2)bagi kepala sekolah menengah pertama negeri di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang diharapkan dapat memberikan arahan serta pelatihan terhadap tenaga administrasi sekolah SMP Negeri di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang agar mempertahankan penerapan etika perkantoran agar tetap memuaskan serta memberikan wawasan dan pelatihan tentang pelayanan prima secara lebih lanjut. Hal ini terutama bagi kepala sekolah SMP 4 Bantur karena pada SMP ini tingkat penerapan etika perkantoran dan pelayanan prima berada pada kategori paling rendah sehingga kepala sekolah harus memberikan tambahan wawasan dan pelatihan kepada tenaga administrasi sekolah mengenai cara memberikan pelayanan prima yang baik dan benar. Pelatihan yang dimaksud dapat berupa cara menerima tamu cara memberikan pelayanan yang benar kualifikasi yang harus dipenuhi oleh tenaga administrasi sekolah serta kemampuan dasar yang harus dimiliki dalam melayani pelanggan. Kategori paling rendah berada pada variabel pelayanan prima subvariabel perhatian. Oleh karena itu pelatihan yang dilakukan dapat difokuskan pada cara memberikan perhatian penuh terhadap pelanggan serta cara memahami keperluan pelanggan (3) bagi peneliti lain hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan referensi dan dikembangkan lebih lanjut dengan cara mengembangkan pokok permasalahan atau variabelnya mengubah lokasi penelitian yang berbeda dan jenjang pendidikan yang berbeda. Karena dalam variabel etika perkantoran terdapat aspek etika komunikasi kantor yang seharusnya dapat dijadikan subvariabel dari variabel etika perkantoran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3841

Actions (login required)

View Item View Item