Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru pada Sekolah menengah pertama di Kota Kediri / Nindi Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru pada Sekolah menengah pertama di Kota Kediri / Nindi Rahmawati

Rahmawati, Nindi (2017) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru pada Sekolah menengah pertama di Kota Kediri / Nindi Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Nindi. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Kediri. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agus Timan M.Pd (2) Teguh Triwiyanto S.Pd. M.Pd. Kata Kunci gaya kepemimpinan motivasi kerja Kepala sekolah merupakan seseorang yang memiliki jabatan tertinggi di suatu sekolah. Peran kepala sekolah sangat penting dalam menjalankan pendidikan di sekolah. Setiap kepala sekolah memiliki cara atau teknik dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin yang biasa disebut dengan gaya kepemimpinan. Sebagai seorang pemimpin kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh terhadap motivasi kerja seorang guru. Selain sebagai pemimpin kepala sekolah harus mampu dalam meningkatkan motivasi guru dalam bekerja. Guru yang memiliki motivasi positif dia akan memperlihatkan minat mempunyai perhatian dan tanggung jawab terhadap tugasnya. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui tingkat motivasi kerja guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Kediri (2) mengetahui tingkat gaya kepemimpinan kepala sekolah Sekolah Menengah Pertama di Kota Kediri dan (3) mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Kediri. Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional. Subjek penelitian ini guru-guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Kediri yang berjumlah 900 guru sampel penelitian ini 277 guru dengan mengambil sampel menggunakan Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket yang meliputi angket gaya kepemimpinan dan motivasi kerja guru. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan korelasi regresi sederhana untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) motivasi kerja guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Kediri termasuk dalam kualifikasi sedang atau cukup baik hal ini terlihat dari besarnya frekuensi 171 guru sebagai responden dengan persentase 61 74% (2) gaya kepemimpinan kepala Sekolah Menengah Pertama di Kota Kediri termasuk dalam kualifikasi sedang sedang atau cukup baik hal ini terlihat dari besarnya frekuensi 141 guru sebagai responden dengan persentase 50 90% dan (3) adanya pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah (X) terhadap motivasi kerja guru (Y) pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Kediri. Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian yang telah diperoleh adalah (1) kepala dinas pendidikan agar lebih memperhatikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam memimpin karena berdasarkan hasil penelitian masih dalam kategori sedang apabila gaya kepemimpinan dapat ditingkatkan dengan baik maka akan meningkatkan pula motivasi kerja guru (2) kepala sekolah sebaiknya dalam hal menjalankan tugas sebagai pemimpin di lembaga pendidikan kepala sekolah dapat selalu memberikan gaya kepemimpinan yang dapat memotivasi guru dalam bekerja sehingga guru dapat meningkatkan kinerjanya sebagai pendidik dengan baik (3) guru diharapkan dalam melaksanakan tugas sebagai seorang pendidik harus dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin sehingga guru harus memiliki motivasi dalam bekerja baik secara internal maupun eksternal (4) bagi ketua jurusan administrasi pendidikan hasil penelitian ini dapat menambah informasi bagi jurusan tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru yang dapat dijadikan referensi untuk penelitian yang sejenis dan (5) bagi peneliti lain diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi dan dikembangkan lebih lanjut dengan cara mengembangkan pokok permasalahan atau variabelnya mengubah lokasi penelitian yang berbeda dan jenjang yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3840

Actions (login required)

View Item View Item