Meningkatkan hasil belajar proses interaksi sosial menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team-Games-Tournament) siswa kelas VII SMPN 1 Tajinan Kabupaten Malang / Helmi Puspito Yuwono - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar proses interaksi sosial menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team-Games-Tournament) siswa kelas VII SMPN 1 Tajinan Kabupaten Malang / Helmi Puspito Yuwono

Yuwono, Helmi Puspito (2013) Meningkatkan hasil belajar proses interaksi sosial menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team-Games-Tournament) siswa kelas VII SMPN 1 Tajinan Kabupaten Malang / Helmi Puspito Yuwono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran TGT dan hasil belajar siswa. Pengajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) tidak bersifat keilmuan melainkan bersifat pengetahuan ini berarti bahwa yang diajarkan bukan hanya teori dan ilmu-ilmu sosial saja melainkan hal-hal yang prkatis yang berguna dalam kehidupan sosialisasi bermasyarakat. Berdasarkan analisis konseptual dan kondisional IPS ternyata tidak sedikit siswa kesulitan dalam mengikuti mata pelajaran IPS karena metode pembelajaran yang dipilih dan digunakaan oleh guru dirasakan kurang tepat. Hal tersebut juga berdampak pada hasil belajar siswa yang cenderung rendah. Diperlukan pembenahan pada proses pembelajaran tersebut yang salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament) dalam metode ini siswa dituntut untuk saling bekerjasama dalam tim yang heterogen dan bersaing dalam meja turnamen dengan kelompok lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Tipe TGT. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini dilakukan dengan 2 siklus Pembelajaran setiap siklus masing-masing terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi wawancara dan tes tertulis. Penelitian dilaksanakan di kelas VII-C SMP Negeri 1 Tajinan dengan jumlah siswa 30 siswa pada materi pokok Proses Interaksi Sosial. Hasil refleksi siklus I menemukan kelemahan dan kekurangan saat proses pembelajaran yang menghambat pelaksanaan metode TGT yaitu pengorganisasian waktu yang kurang tepat karena TGT membutuhkan waktu yang cukup panjang kontribusi siswa berpendapat dalam diskusi kelompok masih kurang siswa masih belum terbiasa dengan proses pembelajaran TGT. Sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II yaitu memperbaiki cara berkelompok dengan memberikan tanggung jawab pada masing-masing siswa dalam kelompok pengarahan kembali cara berdiskusi yang benar pengorganisasian waktu yang lebih tepat serta membacakan aturan pembelajaran TGT secara berulang-ulang kepada siswa. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan hasil belajar siswa yang meningkat yaitu pada siklus I rata-rata pre test 44 3 dan post test 77 8 meningkat menjadi 52 pada pre test dan post test menunnjukkan angka 82 9 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar proses interaksi sosial siswa kelas VII-c SMPN 1 Tajinan Kabupaten Malang TA 2012/2013. Dari hasil penelitian ini guru disarankan dapat menerapkan model pembelajaran tipe TGT di kelas untuk upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item