Hubungan antara iklim organisasi dan motivasi kerja dengan kinerja guru di SD Negeri se-kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Anang Dharmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara iklim organisasi dan motivasi kerja dengan kinerja guru di SD Negeri se-kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Anang Dharmawan

Dharmawan, Anang (2017) Hubungan antara iklim organisasi dan motivasi kerja dengan kinerja guru di SD Negeri se-kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar / Anang Dharmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dharmawan Anang. 2017. HubunganantaraIklimOrganisasidanMotivasiKerjadenganKinerjaGuru di SD Negeri Se-KecamatanSutojayanKabupatenBlitar. Skripsi JurusanAdministrasiPendidikan FakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Malang. DosenPembimbing (I) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos. M.Pd (II) WildanZulkarnainS.Pd. M.Pd. Kata kunci iklimorganisasi motivasikerja kinerja guru Kinerja guru merupakansalahsatupenentukeberhasilanpendidikan disekolah karena guru adalah orang yang langsungmelakukan proses pembelajarandenganpesertadidik.Kinerja guru ini dapat dipengaruhi beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari guru itu sendiri seperti motivasi kerja. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri guru seperti iklim organisasi. Iklimorganisasidanmotivasikerjamerupakanfaktorpendukungdalammenciptakankinerja guru yang baik.Iklimorganisasi yang baikmembuat guru merasanyamandenganorganisasinyasehinggakinerja guru menjadibaik.Selainitu motivasidibutuhkan guru dalammelakukanpembelajaran denganmotivasikerja yang baikmaka guru akanmelakukantugasnyadenganbaikjugakarenamotivasiadalahdorongan yang diberikanolehkepalasekolahatau guru lain. Adapuntujuanpenelitianiniadalah (1) mendeskripsikankinerja guru di SD Negeri se-KecamatanSutojayan (2)mendeskripsikaniklimorganisasi di SD Negeri se-KecamatanSutojayanKabupatenBlitar (3) mendeskripsikanmotivasikerja guru di SD Negeri se-KecamatanSutojayanKabupatenBlitar (4) mengetahuihubungan antara iklim organisasi dan kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar (5) mengetahui hubungan antara motivasi kerja guru dan kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar (6) mengetahui hubungan antara iklim organisasi dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri se-Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar dengan responden guru sebanyak 108. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket tertutup. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas (1) analisi deskriptif (2) analisis korelasi product moment person (3) korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) iklim organisasi di SD Negeri se-Kecamatan Sutojayan berada pada kategori tinggi (2) motivasi kerja di SD Negeri se-Kecamatan Sutojayan berada pada kategori tinggi (3) kinerja guru di SD Negeri se-Kecamatan Sutojayan berada pada kategori sedang (4) terdapat hubungan yang signifikan antara iklim organisasi dengan kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Sutojayan (5) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Sutojayan (6) terdapat hubungan yang signifikan antara iklim organisasi dan motivasi kerja dengan kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Sutojayan. Saran penelitianiniditujukankepada (1) Kepala SD Negeri se-KecamatanSutojayanKabupatenBlitar agar memperhatikansetiapkinerja guru danmemberikankesempatan guru untukmengikutikegiatan yang berkaitandenganpeningkatankinerja guru (2) Guru SD Negeri se-KecamatanSutojayanKabupatenBlitar agar selaluminingkatkankinerjanyabaikdalamperencanaanpembelajaran pelaksanaanpembelajaranmaupunevaluasipembelajaran dankhususnyamengembangkanvariasidalampemberiantugaskepadapesertadidik (3) KetuaJurusanAdministrasiPendidikan agar menambahbahanreferensimengenaiiklimorganisasi motivasikerjadankinerja guru untukmemperbanyakbahanpustakadalamperkuliahandanpenelitiandenganvariabel yang sama (4) Penelitilain dapatmenggunakanpenelitianinisebagaiacuanpenelitianselanjutnya dandapatdikembangkanpadasubjek yang lebihluassepertijenjangpendidikan yang berbedaataupun di kantorpemerintahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3836

Actions (login required)

View Item View Item