Febriyanti, Dinda Ajeng (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe yang diintegrasikan dengan edpuzzle pada mata pelajaran penataan produk untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik (studi di SMK Darut Taqwa Purwosari) / Dinda Ajeng Febriyanti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yakni menghasilkan produk media pembelajaran dengan basis Sparkol Videoscribe yang terintegrasi pada Edpuzzle dalam mata pelajaran Penataan Produk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran dengan basis Sparkol Videoscribe yang terintegrasi Edpuzzle dalam mata pelajaran Penataan Produk. Jenis penelitian ini merupakan R amp D melalui model pengembangan ADDIE. Penelitian dilaksanakan pada kelas XII Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Darut Taqwa Purwosari. Peneliti melakukan berbagai langkah untuk mengumpulkan data dengan melewati proses wawancara observasi atau pengamatan dokumentasi dan angket. Pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari kritik dan saran ahli media dan ahli materi. Sedangkan data kuantitatif meliputi skor validasi angket respon pengguna dan angket motivasi belajar siswa sebelum dan setelah proses pembelajaran. Metode yang digunakan untuk analisis data adalah analisis deskriptif. Berdasarkan validasi ahli penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan basis Sparkol Videoscribe yang terintegrasi pada Edpuzzle dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Respon pengguna yang positif terhadap media pembelajaran menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan basis Sparkol Videoscribe yang terintegrasi pada Edpuzzle menjadi sumber pembelajaran yang efektif melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Keefektifan media pembelajaran dengan basis Sparkol Videoscribe yang terintegrasi Edpuzzle dibuktikan melalui hasil angket motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat diasumsikan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan basis Sparkol Videoscribe yang terintegrasi pada Edpuzzle dalam kegiatan pembelajaran di kelas merupakan strategi yang layak dapat memberikan pengaruh postif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/383580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |