Ananda, Maulidhea Nuril (2024) Efektivitas implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran kelas x di smk negeri 1 turen / Maulidhea Nuril Ananda</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran evaluasi pembelajaran hambatan dan solusi serta mengukur persentase efektivitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan kunci meliputi Guru Dasar-Dasar Pemasaran sekaligus Kaprodi informan pendukung Waka Kurikulum dan Siswa. Teknik pengumpulan data yakni wawancara observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data untuk mengukur efektivitas menggunakan analisis kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran meliputi CP-TP-ATP dan Modul Ajar Berdiferensiasi (2) Pelaksanaan pembelajaran meliputi penerapan pembelajaran berdiferensiasi (3) Evaluasi pembelajaran meliputi pelaksanaan asesmen diagnostik formatif dan sumatif (4) Hambatannya (a) kesulitan menyusun modul ajar berdiferensiasi (b) terbatasnya referensi. Solusinya (a) mengikuti workshop dan pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran (b) mencari di PMM (5) Dari ketiga guru pada aspek perencanaan pembelajaran memperoleh persentase 82% kategori efektif pelaksanaan pembelajaran memperoleh persentase 77% kategori cukup efektif dan evaluasi pembelajaran memperoleh persentase 68% kategori cukup efektif berdasarkan Kepmendikbudristek Nomor 262/M/2022.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/383564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |